Setiap agama kan punya wahyunya sendiri-sendiri. Masing-masing mengaku mendapatkan wahyu dari Tuhan. Mengapa saya harus percaya bahwa Alkitab memang benar adalah Wahyu dari Tuhan? Apakah ada bukti yang otentik bahwa Alkitab benar-benar diwahyukan oleh Tuhan?

D, Jakarta

[JAWAB]:

[MC]:

Alkitab adalah buku yang paling banyak diteliti, dibedah, dan bahkan diserang.

Bagaimana kita tahu bahwa Alkitab adalah Firman Allah?

  • Alkitab mencatat tentang sejarah, apabila ada catatan sejarah Alkitab yang ternyata bertentangan dengan bukti sejarah, maka kita dapat menyatakan bahwa Alkitab bukanlah Firman Allah. Sampai saat ini telah banyak klaim diajukan oleh para arkeolog bahwa penemuan arkeologi membuktikan Alkitab salah, akan tetapi, penemuan-penemuan arkeologi berikutnya selalu membuktikan bahwa catatan sejarah Alkitab adalah benar.
  • Alkitab juga memuat banyak nubuatan. Nubuatan Alkitab bersifat spesifik dan dapat dimengerti bahkan sebelum peristiwanya terjadi. Hanya waktunya yang tidak kita ketahui. Nubuatan-nubuatan ini telah digenapi satu demi satu. Bila ada satu saja nubuatan yang tidak tergenapi, maka kita dapat menyangkal bahwa Alkitab adalah Firman Allah.
  • Tidak terdapat kontradiksi di dalam Alkitab. Semua kontradiksi yang diangkat oleh para kritikus terbukti dapat dijelaskan dan berasal dari ketidak mengertian para kritikus akan Alkitab itu sendiri.
  • Proses penulisan Alkitab. Alkitab terdiri dari 2 bagian besar yang dibagi lagi menjadi 66 kitab. Kitab-kitab ini ditulis oleh sekitar 40 orang hidup di tempat dan jaman yang berbeda-beda, proses penulisannya berlangsung selama hampir 1500 tahun. Akan tetapi, kita melihat sebuah benang merah yang mengalir dengan jelas, yaitu kasih dan rencana keselamatan dari Allah untuk manusia.
About these ads