Hi Sophia,

Gimana tahu perasaan suka seorang wanita? Gua sendiri merasa kurang PD ketika coba PDKT. Tp selalu gagal. Mungkin salah timing.Jadi bingung mengutarakan cinta? Sering kali kepikir apakah nafsu atau cinta. Kata temen kita mesti bersabar. Tp sampai kapan. Gua termasuk org pemalu jg. Gak ngerti cara mulainya jg. Berusaha utk mencari perhatian kepada dia. Apakah itu salah atau benar ? Karena gua sendiri sptnya jadi ada maksud ke dia. Tp gua pingin dia tahu aja.

Erwin

[JAWAB]:

[DSB]:

Jatuh cinta memang perasaan yang menyenangkan sekaligus membingungkan. Saking membingungkannya sampai-sampai bung Erwin membombardir AskSophia dengan pertanyaan :). Tapi kami bersyukur karena Erwin sedang berusaha melakukannya dengan benar.

Mengenai bagaimana kita bisa mengetahui perasaan seorang wanita memang tidak mudah. Pepatah mengatakan, “Dalamnya lautan bisa ditebak, namun hati wanita siapa tahu”. Hal ini adalah karena wanita lebih cenderung menutup perasaannya. Tapi Erwin tidak perlu berkecil hati hanya karena tidak mampu menebak bagaimana perasaan sebenarnya dari si doi. Pertanyaan yang harus dijawab oleh Erwin sendiri adalah, mengapa Erwin merasa perlu untuk mengetahui isi hati si dia?

Banyak pria yang ingin mengetahui perasaan orang yang disukainya adalah untuk memutuskan apakah pria tersebut akan melakukan PDKT lebih jauh atau cukup stop sampai di sini saja dan mengubur perasaan cintanya. Sebenarnya cinta itu perlu diusahakan, dan diperjuangkan. Banyak sekali kejadian di mana wanita yang tadinya tidak suka kemudian berubah menjadi tertarik dan kemudian menjadi suka karena sikap sang pria yang tulus dan mengusahakan cintanya dengan serius. Wanita memang berbeda dari pria. Wanita lebih tertarik kepada karakter dan kedewasaan daripada kecakapan fisik. Mereka membutuhkan waktu lebih banyak daripada pria untuk memberikan hatinya kepada seseorang. Jadi tahu atau tidak tahu perasaan si dia, bahkan suka ataupun tidak sukanya seorang wanita seharusnya jangan menjadi halangan bagi pria untuk melakukan PDKT.

Nah, setelah sang pria melakukan PDKT, proses berlanjut terus, sampai tiba waktunya untuk kedua belah pihak melakukan deklarasi komitmen mereka satu sama lain dalam hubungan pacaran. Namun sebelum sang pria mendeklarasikan cintanya ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu:

  1. Hubungan pacaran yang benar adalah untuk tujuan pernikahan, bukan sekedar suka sama suka. Hubungan pacaran adalah komitmen hubungan yang ekslusif dan cukup dalam dari 2 orang. Menjadikan hubungan ini sebagai suatu permainan atau tindakan coba-coba adalah suatu hubungan yang tidak bertanggung jawab dan sebagai akibatnya akan menyakitkan salah satu atau bahkan kedua pihak.
  2. Apakah kedua belah pihak sudah cukup saling mengenal? Dalam saling mengenal 2 unsur yang diperlukan adalah: WAKTU dan KUALITAS HUBUNGAN.

Mengenai kapankah waktu tepatnya seseorang dapat menyatakan cinta, saya harus bilang bahwa ini adalah seni bercinta. Tidak ada petunjuk yang pasti untuk menentukan waktu menyatakan cinta. Namun secara sederhana kita dapat melihat apakah selama PDKT si wanita memberikan respon yang positif, ataukah respon yang diberikan sering negatif? Kalau respon yang diberikan banyak negatif, mungkin belum saatnya kita mengungkapkan isi hati kita. Namun kalau positif, kita bisa mulai memikirkan cara romantis untuk menyatakan cinta kita.