LDR (2)

Shalom..

Saya tinggal di Pekan Baru saya mau cerita yang saya alami saat ini .Bulan februari kemarin saya diajak teman saya ke acara wisuda temannya. waktu itu yang jadi MC di acara itu sahabat teman saya. Waktu melihat dia MC saya mengaguminya. Pria yang saya kagumi ini kerja di Palembang, jd dia datang jauh2 dari Palembang untuk MC acara wisuda itu. Tiga bulan kemudian saya mengatakan kepada teman saya itu bahwa saya mengagumi sahabatnya itu dan singkat cerita akhirnya kami komunikasi dari HP.

Read the rest of this entry »


arcpoint-labs-doesn-t-require-an-appointment-other-labs-may-require-UOHBS2-clipart

Shalom kaa, namaku Vania (bukan nama sebenarnya), aku ingin bertanya, beberapa hari yang lalu ada seorang teman dekatku bercerita tentang hubungannya dlm pacaran, dia menceritakan bahwa dia sudah berpacaran selama 7bulan, dan mrka menjalani hubungan itu dengan tidak dlm kekudusan, mereka sudah melakukan kissing, dan sampe ———–cut————, dan mereka melakukan setiap kali si pria itu bermain kerumah cewenya, sebenernya mrka awalnya melakukan kissing, lalu mrka berdua sempat mnta ampun sama Tuhan hingga tdk melakukannya lg, tetapi mrka melakukan hal yg sama lg, sampai pada akhirnya mrka bener2 mnta ampun lalu mrka berpuasa bersama hingga ciuman itupun bisa tdk dilakukan lg, tp karna mrka sering berdua dlm rumah si cewe mrka kena lagi, mrka berciuman di pipi tapi dengan petting, akhirnya mrka jga memutuskan untuk tdk bgtu lg,namun ksini2 makin parah, Read the rest of this entry »


Bible Study and Prayer

Gambar diambil dari http://www.lebib.de

Syalom.. saya mau bertanya saya pernah pacaran dengan pria beragama katolik. Kami menjalin hub. slma 1 tahun kmdian kami putus krna beda agama. Saya kdang2 msih brkmuniksi dgn dy. Bisa diblg kami msih brteman. Bagaimana jika saya ingin dy menjadi seorang kristen?? Bukan krna saya tetapi karena Tuhan Yesus sendiri. Saya ingin dy diselamatkan. Dan jujur saya msih brhrap bisa pacaran dgn dy lagi. Upaya apa yg bisa saya lakukan untuk membantu dia menjadi seorang kristen??

Kiki (bukan nama sebenarnya)

Read the rest of this entry »


yoke

Gambar: Pasangan tidak sepadan, diambil dari http://www.otherfood-devos.com/

Shalom,

Saya mau bertanya,saya (perempuan)dan pcr saya seumur,sekarang kami berumur 26thn,saya sudah berpacaran selama 8 thn, dimana pcr saya tdk seiman dgn saya, saya sendiri adalah kristen, sedangkan dia dari kong hu cu
pada awal pacaran saya belum begitu mngerti bahwa dalam akitab tertulis bahwa pernikahan haruslah seiman. seiring berjalannya waktu saya sadar, tetapi saya sudah terlanjur berpacaran dengan dia dalam waktu yang lama.
keluarga dia kluarga kong hu cu yg masih kolot dan masih kental.
saya hanya berdoa agar Tuhan memberikan kepada nya anugrah supaya dapat mengenal Kristus.

sekarang kami memutuskan untuk menikah. orang tua saya tdk melarang karena mereka pada awal pernikahan juga tdk seiman, sehingga pada akhir nya Tuhan memberikan Anugrah kepada mama saya utk dalam mengenal Kristus. Sehingga mama saya berharap agar saya dapat membawa pacar saya kepada Kristus.

Sedangkan dalam persiapan pernikahan pihak laki2 yang beradat istiadat kong hu cu.. mengharuskan saya memegang hio pada saat pernikahan utk memberi penghormatan kepada leluhur mereka (papan merah yg d tulis2 nama leluhur)..mereka mengatakan bahwa sekali saja minta saya pgng hio..untuk selanjutnya mnjalani rumah tangga.mereka bilang bahwa terserah kami mau masuk agama apa.
Saya ada bilang bahwa saya tidak bisa. tetapi mereka sprti kecewa berat karena merasa saya tdk mnghargai leluhur mereka.

Dan satu lagi mereka meminta tgl lahir chinese saya utk kasih liat kepada org ‘pintar’ (anda ngerti sendiri maksud saya) dan karena sama umur, menurut mereka kami shio kuda, satu kandang gak ada 2 ekor kuda.
jadi mereka mau melakukan semacam perubahan utk pcr saya dan saya.
saya pribadi tidak peduli dengan hal seperti itu..saya hanya percaya kepada Tuhan pemilik hidup manusia.. sehingga saya memang tidak keberatan mereka mau melakukan apa pun..asal saya tidak ikut serta dalam pengadaan yg mereka lakukan…mereka hanya meminta tgl lahir chinese saya..

Yang menjadi pertanyaan saya.. Apakah dengan tidak memegang hio, saya menjadi sandungan bagi mereka yg belum percaya?? apakah yg saya lakukan sudah benar?? apakah kalo saya memegang hio saya berdosa?? saya sudah di baptis. saya hanya takut menjadi sandungan bagi org yg belum percaya. saya juga takut akan Tuhan. (saya sudah baptis)
Mohon saran,pendapat saudara
Terima kasih.

Tuhan memberkati

Regards,
Cynthia (bukan nama sebenarnya)

Read the rest of this entry »


539225617_16f439ae9b_o

Hi sophia, ada hal yg sangat mengganggu dan mengusik hati saya, saya itu cinta Tuhan ga ada duanya, Tuhan prioritas, kerja saya pemain musik saya punya banyak tato, pake tindik, anting di beberapa bagian tubuh. Bagi saya itu cuma asesoris, fashion, saya seperti ini tu hoby, suka aja, ga ada maksud merusak dll, bagi saya inilah passion. Tapi apakah itu berdosa?dalam hal merusak bait Allah?
Dulu saya sempat dihakimi oleh pendeta saya yg lama karena hal tersebut, tapi di gereja yg baru pendeta saya bilang, gpp kalo menurut saya itu fashion toh nanti ketika kamu kembali yg diangkat cuma rohmu kan, tubuhmu engga dibawa.
Tuhan melihat hati kok. Gitu
Gimana sophia?

Oiya saya tambahin, dulu saya juga pelayanan tiba2 entah aturan apa, saya ditanya gini, mau berubah gak kalo mau pelayanan harus bisa menghilangkan kebiasaan lama, kalo mau naik mimbar harus kudus, saya bener2 seperti ditikam okeh sahabat sendiri, sakit, nelangsa, marah, sedih
Tapi digereja baru saya diterima dan pendeta bilang wah gereja gaboleh gitu, gereja gaboleh mukul jemaat, gereja itu mengabarkan kasih karunia,
kita itu ga ada yg kudus, Yesus yg kudus, kalo kamu menerima Yesus, maka kamu yg ga kudus, jadi kudus karena Yesus

Read the rest of this entry »


paus

Dear ask sophia.. saya Anto. Suatu hari saya pernah membaca alkitab versi Katolik milik teman saya secara sekilas. Saya ingin bertanya beberapa hal :

1. Mengapa Gereja Reformasi tidak mengakui Deuterokanonika dalam kanon alkitab kita? Menurut saya, Deuterokanonika dapat melengkapi alkitab sebelumnya (contohnya tambahan pada kitab Ester & Daniel) dan dapat menambah iman dan pengetahuan kita.

2. Saya pernah membaca di suatu blog Kristen bahwa api penyucian merupakan ajaran tradisi gereja, dan karena ini Gereja Reformasi menolaknya. Pertanyaan saya lagi, jika doktrin api penyucian merupakan tradisi gereja, mengapa ada di Deuterokanonika yang bisa dibilang Perjanjian Lama, dimana gereja belum terbentuk?
(Saya belum bisa mencari tahu apakah benar doktrin api penyucian ada di Deuterokanonika. Saya hanya tahu dari internet dan dari guru agama di sma saya)

3. Menurut Wahyu 22 : 18-19, siapakah yang menambah/mengurangi? Gereja Katolik ataukah Reformasi?

Mohon penjelasannya.. terimakasih.

Anto

 

Read the rest of this entry »


JNAAU88O7N

Saya ingin bertanya. Namun sblmx saya jelaskann secara singkat sj. Saya menjalani hubungan yang serius dengan tunangan saya tapi blm bs mnikah karna kami beda gereja. Tunangan saya protestan sedangkan saya kharismatik. Masing2 keluarga kami sangat fanatik. Kami brdua pun mempertahankan doktrin gereja masing”. Saya seorang pemimpin di gereja saya dan saya harus dinikahkan oleh gembala saya. Tp sebaliknya tunangan saya juga ini dinikahkann di gerejanya. Pertanyaan saya, apakah ada solusi/jalan keluar untuk dapat mempersatukan pasangan yang beda gereja dan tetap mempertahankan doktrin gerejanya masing” ? Trims

YH

Read the rest of this entry »

Wake uP!

Gereja (Harus) Merayakan Natal Besar-Besaran?

AskSophia is now on Twitter! Follow us on @askingsophia

Archives

Blog Stats

  • 364,179 hits

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 241 other followers