Pendeta di gereja kami dalam rangka mempertahanteori trikotomi pernah memberikan penjelasan sbb:

1. Allah terdiri dari 3 pribadi, yaitu Bapa, Anak, dan Roh; sedangkan manusia merupakan gambar dan rupa Allah, sehingga manusia terdiri dari 3 elemen, yaitu tubuh, jiwa, dan roh.

2. Manusia adalah Bait Allah (1Kor 3:16-17 1Kor 6:19), sedangkan Bait Allah terdiri dari 3 bagian, yaitu:
-> pelataran » tubuh.
-> Ruang Suci » jiwa.
-> Ruang Maha Suci » roh.

Benarkah demikian? Sedangkan teman saya tidak setuju dengan pandangan tsb.

[V, Jkt]

[JAWAB]:

[CKM]:

1. Tidak ada dasar untuk menganalogikan 3 pribadi dalam Tritunggal dengan 3 elemen dari manusia. Sekalipun manusia diciptakan sebagai gambar dan rupa Allah, ada hal-hal dalam diri Allah yang bersifat incommunicable. Misalnya sifat tak terbatas dalam diri Allah.

2. Pengkategorian yang ngaco. Apa dasarnya untuk melambangkan pelataran sebagai tubuh, Ruang Suci sebagai jiwa, dan Ruang Maha Suci sebagai roh?

Bahasa Yunani menggunakan 2 kata yang beda yang bisa diterjemahkan sebagai ‘Bait Allah’, yaitu:
=> HIERON, yang menunjuk pada seluruh Bait Allah, termasuk pelatarannya. Kata ini digunakan dalam Yoh 2:14,15 Mat 21:12,14,15.
=> NAOS, yang menunjuk hanya pada sanctuarynya (= Ruang Suci dan Ruang Maha Suci). Kata ini digunakan dalam Yoh 2:19,20,21 Luk 1:9,21,22 Mat 23:35.

Kata Yunani yang dipakai dalam 1Kor 3:16-17 dan 1Kor 6:19 adalah NAOS. Dan NAOS tidak terdiri dari 3 bagian tetapi hanya terdiri dari 2 bagian, karena NAOS tidak mencakup pelataran. Kalau ayat-ayat ini tetap mau dipaksakan sebagai dasar untuk menentukan manusia terdiri dari berapa bagian / elemen, maka ayat-ayat ini akan mendukung Dikotomi, bukan Trikotomi.