Saya mau bertanya, kemanakah nasib orang-orang percaya sejak mereka meninggal? Apakah langsung ke sorga atau masuk ke dalam tempat antara (Intermediate state?)?- B, Bdg

[JAWAB]:

[CKM]:

Pandangan umum Gereja Reformed adalah bahwa jiwa orang percaya segera sesudah kematiannya akan memasuki kemuliaan surgawi. Hal ini diperkuat di dalam beberapa pengakuan iman Reformed seperti:

1. Heidelberg Catechism Lord’s Day 23, Q/A 57:
Q: Penghiburan apa yang saudara peroleh dari kebangkitan daging?
A: Bahwa sesudah hidup ini bukan hanya jiwaku akan segera diangkat kepada Kristus, (Luk 23:43) …

2. Hal senada juga dikatakan di dalam The Westminster Confession of Faith Bab XXXII ayat 1:
“The bodies of men, after death, return to dust and see corruption (a): but their souls (which neither die nor sleep) having an immortal subsistence, immediately return to God who gave them (b): the souls of the righteous, being then made perfect in holiness, are received into the highest heavens, where they behold the face of God, in light and glory, waiting for the full redemption of their bodies (c)”.(a) Gen. 3:19; Acts 13:36. (b) Luke 23:43; Eccles. 12:7. (c) Heb. 12:23; II Cor. 5:1, 6, 8; Phil. 1:23, with Acts 3:21 amp; Eph. 4:10.

3. Second Helvetic Confession pada Bab XXVI mengatakan, ”Kami percaya bahwa orang beriman, setelah kematian jasmani, segera pergi kepada Kristus”.

Masalahnya adalah sekarang ini ada sebagian teolog Reformed yang mempunyai pengertian bahwa orang percaya setelah meninggal masuk ke dalam tempat antara dan tetap tinggal di sana sampai pada hari kebangkitan. Apakah demikian? Alkitab mengajarkan bahwa jiwa orang percaya ketika terpisah dari tubuhnya masuk ke dalam hadirat Kristus. Paulus berkata di dalam 2 Kor 5:8 bahwa ia mau terpisah dari tubuh ini dan pulang ke rumah bersama Tuhan. Tuhan Yesus sendiri di dalam Luk 23:43 memberikan jaminan kepada penjahat yang ada di salah satu sisi salibNya dengan mengatakan,”Pada hari ini engkau bersama-sama dengan Aku di dalam firdaus”. Saya setuju dengan L.Berkhof yang berdasarkan pada 2 Korintus 12:3,4 bahwa firdaus menunjuk pada surga. Karena Paulus mengatakan, bahwa jika rumah jasmaniah kita rusak, maka kita memiliki rumah surgawi dari Tuhan (2 Korintus 5:1). Kalau kita membandingkan 2 Kor 12:4 dengan 2 Kor 12:2, maka jelas bisa kita dapatkan bahwa Firdaus adalah surga, karena dalam 2 Kor 12:2 Paulus mengatakan diangkat ke sorga, sedangkan dalam 2 Kor 12:4 Paulus mengatakan diangkat ke Firdaus. Di dalam Wah 2:7 dikatakan bahwa dalam taman Firdaus itu terdapat pohon kehidupan. Sedangkan dari Wah 22:2,14,19 terlihat bahwa pohon kehidupan itu ada di surga. Kesimpulannya adalah bahwa Firdaus adalah sorga.

Jadi, Alkitab mengajarkan bahwa orang percaya langsung masuk sorga.