BTW, apa kah ttg Teologi Reformed ? En pendapat Kristen Reformed ttg denominasi lain ? — indiegal

Secara etomologis istilah Reformed bisa berlaku bagi semua gereja Reformatoris/Protestan. Tapi dalam kenyataannya dan perkembangan selanjutnya bahwa hanya gereja-gereja Calvinislah yang menggunakan istilah Reformed. Jadi ketika kita berbicara tentang Calvinisme maka itu berarti kita berbicara mengenai iman Reformed, aliran yang mengikuti ajaran / theologia dari John Calvin. Karena itu ‘Reformed’ sebetulnya sama dengan ‘Calvinisme’. Selain itu, istilah ini (Reformed) secara historis membedakan gereja Calvinistik dari tradisi Lutheran misalnya.

Teologi Refomed/Calvin, sebagaimana diringkaskan di dalam Institutio, dibentuk oleh keyakinan akan Kedaulatan Allah dalam perkara penciptaan dan keselamatan, dan Kemuliaan Allah sebagai tujuan dari karyaNya maupun hidup dan tugas manusia. Karena itu tidak salah kalau banyak pengamat menyebut teologia Calvin sebagai Teologi Kedaulatan Allah dan Kemuliaan Allah. Tapi semua keyakinan dan pengajaran ini bersumber dari Alkitab.

Philip Schaff dalam buku History of the Christian Church’, vol VIII, hal 267 berkata:

Mengenai doktrin-doktrin tentang kejatuhan ke dalam dosa, tentang kebejadan total, perbudakan kehendak manusia, kedaulatan dari kasih karunia yang menyelamatkan, sang uskup Hippo (Augustinus) dan sang pendeta Geneva (John Calvin) pada dasarnya setuju / cocok; yang pertama mempunyai keunggulan dalam hal ada lebih dulu dan keorisinilan; yang terakhir lebih jelas, lebih kuat, lebih logis dan lebih keras, dan jauh lebih baik sebagai seorang peng-exegesis“

Reformed memandang denominasi lain sebagai sesama saudara seiman. Karena Reformed bukan 1 denominasi tetapi Reformed adalah 1 arah, 1 semangat, 1 wadah rohani, 1 aliran pikiran, 1 pengakuan kepercayaan, yaitu mau kembali kepada Alkitab. Karena itulah reformasi di teriakan di mana2 waktu gereja sudah menyeleweng dari ajaran yg orthodox. Kalau kamu membaca sejarah gereja kamu akan mendapati bahwa dari negara2 yang berbeda, bangsa yg berbeda, bahasa yang berbeda, ada orang-orang tertentu sewaktu ia membaca Alkitab dan memelihara iman kepercayaan, ia sadar ada yang tidak beres, gereja sudah menyeleweng. Maka akan ada suatu gerakan untuk kembali ke ajaran orthodox.
Jadi jelas di sini Reformed bukanlah ajaran yang baru. Tapi kembali ke bentuk semula.hope this help

[CKM]