Teman saya orang Kristen yang sungguh-sungguh. Dulu dia melayani dengan baik. Tapi sekarang dia tidak mau datang lagi ke gereja, dan dari hidupnya kelihatannya sudah hancur dan bener-bener ngaco. Apakah dia belum bertobat ataukah dia murtad?

(I di Jakarta)

[JAWAB]:

[MC]:

Kekristenan sebetulnya tidak mengenal istilah murtad. Kita berpegang teguh pada prinsip bahwa “sekali diselamatkan, selalu selamat”.

Apabila ada rekan kita yang tampaknya begitu aktif dalam melayani, lalu dia akhirnya mundur dan bahkan hidup dengan tidak karuan, ada beberapa kemungkinan yang terjadi:

  • Dia tidak pernah benar-benar lahir baru. Pelayanannya selama ini hanyalah sebuah kegiatan belaka, tanpa ada makna yang lebih dalam.
  • Dia sudah lahir baru, akan tetapi saat ini ia sedang jatuh ke dalam dosa. Bila kemungkinan ini yang terjadi, pada suatu saat, ia akan kembali kepada Tuhan.

Kita tidak bisa dengan mudah memutuskan apakah rekan kita itu belum lahir baru ataukah ia sedang jatuh. Selain itu, “status” tersebut juga tidaklah penting. Yang penting kita lakukan adalah:

  • berdoa untuknya agar Tuhan sendiri yang bekerja dalam hidupnya
  • mengingatkannya akan kasih Kristus yang menebus dosa kita dan mengubah kita.

[DSB]:

Dalam Surat I Yohanes kita dapat mengetahui ciri-ciri seseorang yang belum benar-benar bertobat, antara lain:

1.  Tidak menyadari bahwa dirinya orang berdosa (I Yoh 1:10)

2.  Dia tidak mau menuruti Firman Tuhan (I Yohanes 2:4). Kalau dia sedang berjuang tapi tidak mampu menuruti seluruh Firman Tuhan itu lain soal karena ada kemauan dan sedang berusaha, tapi kalau tidak mau menuruti, jelas sekali bahwa orang tersebut belum sungguh-sungguh percaya.

3. Dia tidak mengasihi orang lain, membenci orang lain dan tidak mau mengampuni orang lain. (I Yoh 4:20)

Apabila  teman Anda memiliki salah satu ciri di atas, maka dapat dipastikan bahwa teman Anda tersebut belum benar-benar percaya.