ask sophia, aku nanya ni, aku masih sekolah minggu paling senang nonton film penyaliban Tuhan Yesus. tapi saya ingin tanya waktu Tuhan Yesus di salib yang ada hanya ibu yesus, ayahnya kemana?
trimakasih atas jawabannya.

Yosi Kesia

[JAWAB]:

[DSB]:

Dear Yosi,

Di dalam Alkitab memang tidak ditulis secara jelas mengenai apa yang terjadi dengan ayahnya Yesus yang bernama Yusuf. Petunjuk terakhir dari Alkitab adalah bahwa saat Yesus pergi ke bait Allah umur 12 tahun (Lukas 2:41-52), Yusuf masih bersama dengan Yesus dan Maria. Setelah peristiwa itu, Alkitab langsung menceritakan Yesus yang sudah berumur kurang lebih 30 tahun, dan nama Yusuf tidak lagi disebut di Alkitab.
Informasi lain yang dapat kita peroleh di dalam Alkitab adalah bahwa Yesus disebut juga sebagai tukang kayu (Markus 6:3). dan Saat Yesus di salib, Yesus menyerahkan Maria ibu-Nya kepada Yohanes.

Maka penafsiran kami adalah kemungkinan Yusuf meninggal antara Yesus umur 12 sampai Yesus umur 30 tahun dan Yesus menggantikan Yusuf sebagai tukang kayu. Penafsiran ini didukung oleh tradisi gereja dan dalam talmud.

Karena itu saat Yesus disalib hanya ada Maria ibu-Nya, tidak ada ayah-Nya.