karismatik itu apa sih (definisinya dlsb) ?
ortodox spt apa ?
protestan spt apa ?

menurut anda, aliran mana yg plg benar ? atau mungkin yg sesuai dg jaman skg ini.

daniel 23 malang

[JAWAB]:

[CKM]:

Hi.
Secara definisi:

1. Karismatik itu apa sih (definisinya dlsb):

“Gerakan Kharismatik dicirikan oleh pujian yang bersemangat, kuasa baru untuk melayani & bersaksi, mdengar suara Tuhan pada masa kini, membangunkan minat pada eskatologi & adanya karunia pada setiap orang Kristen.” (Cuplikan dari Perter Hocken,”Charismatics Movement)

Ajaran Karismatik adalah yang memisahkan karunia-karunia untuk pelayanan menjadi 2 golongan, yaitu karunia-karunia yang bersifat kharismatik (seperti bahasa roh, nubuat, dsb) dan karunia-karunia yang bersifat non kharismatik (seperti mengajar, dsb).

2. Orthodox.

Pertanyaan ini kurang jelas. Yang ditanya adalah mengenai Teologi yang Orthodox? atau Gereja Orthodox? Saya akan jawab 2 kemungkinan tersebut.

a. Gereja Orthodox
Romo Gabriel, seorang imam dari Gereja Orhodox Yunani memberikan penjelasan bahwa gereja ortodoks adalah gereja yang mencoba mempertahankan tradisi dan tata ibadah gereja yang digunakan sejak tahun 300-an (abad ke-4). Tradisi dan tata ibadah ini diajarkan St Yahones Krisostomos, salah seorang Bapa gereja dari gereja ortodoks. “Jadi, kami menggunakan tradisi dan tata ibadah gereja mula-mula,” kata Romo Gabriel.

b. Teologi Orthodox
Ortodoksi (orto = benar; doksa = pengajaran). Ortodoks tidak sama dengan kuno. Ortodoks berarti semangat kembali kepada yang benar. Inilah Reformasi. Ortodoks menuntut kita kembali melihat sejarah dan mempelajari seluruh arus yang berkembang di dalam sejarah. Semua yang benar akan terus terlihat dan terbukti di dalam sejarah. Itu alasan, salah satu pokok studi yang sangat penting di dalam teologi Reformed adalah Sejarah Teologi. Melalui hal ini, kita bisa melihat perkembangan studi pemikiran teologis yang pernah muncul di sejarah. Dengan demikian kita bisa belajar dari sejarah, tidak seperti kecaman Hegel yang menyatakan manusia tidak mau belajar dari sejarah. Reformasi bukan mau mengeluarkan ajaran baru. Reformasi menginginkan kembalinya kekristenan kepada ajaran yang benar, kembali ke pusat.

Bukan orhodoxy yang mengikuti jaman. Jaman sekarang adalah jaman postmodern di mana yang menjadi ukuran benar/salah;baik/tidak adalah diri sendiri. Justru kekristenan yang benar adalah yang melawan arus jaman, mengoreksi jaman. Ide gila ya? memang ini sepertinya gila dan sudah pasti berat dan itu yang Alkitab tuntut bagi setiap orang Kristen yang mau balik ke Alkitab.
Orthodoxy seperti bagaimana? dalam segala hal harus sesuai dengan prinsip Alkitab.

3. Protestan

Ini pertanyaan yg luas sekali. Secara umum, gereja-gereja yang lahir dari gerakan Reformasi disebut dengan gereja Protestan/Reformatoris. Contohnya adalah Gereja Lutheran, Calvinis/Reformed, Zwinglian, dll.

Loraine Boettner, ”Orang Roma Katolik sering mencoba untuk menunjukkan / menggambarkan Protestanisme sebagai sesuatu yang baru, yang berasal mula dengan Martin Luther dan John Calvin di abad ke 16. … Protestanisme yang muncul di abad ke 16 bukanlah permulaan dari sesuatu yang baru, tetapi pengembalian pada kekristenan Alkitab dan pada kesederhanaan gereja rasuli dari mana gereja Roma sudah sejak lama menyimpang. Karena itu, protestanisme bukanlah suatu agama baru, tetapi suatu pengembalian pada iman dari gereja mula-mula. Itu adalah kekristenan yang dibersihkan, dengan semua sampah / kotoran yang terkumpul selama abad pertengahan dibuang”

4. menurut anda, aliran mana yg plg benar ? atau mungkin yg sesuai dg jaman skg ini.

Tidak ada 1 aliranpun/denominasi yang benar dalam arti benar 100%. Yang ada adalah seberapa setia sebuah aliran/denominasi terhadap pengajaran yang apostolik/rasuli. Ini tentu tidak ada yang 100%, yang ada adalah seberapa dekat dengan apa yang diajarkan oleh Alkitab. Sehingga pengajaran dan penafsiran yang bertanggung jawab bisa diketahui benang merahnya. Tapi ada beberapa rambu yang perlu diperhatikan untuk bisa menilai apakah gereja aliran/denominasi X adalah gereja yang benar. Rambu-rambu itu antara lain adalah:

1. Pandangan terhadap Tritunggal (yang benar adalah Allah adalah 3 Pribadi dalam 1 Natur)
2. Pandangan terhadap Yesus Kristus (yang benar Kristus adalah 1 Pribadi dengan 2 natur, yaitu Allah – Manusia)
3. Pandangan terhadap Alkitab (yang benar Alkitab adalah Firman Tuhan yang diinspirasikan dan Alkitab adalah Firman Allah secara obyektif.)
4. Pandangan terhadap Keselamatan (yang benar, Keselamatan hanya bisa didapatkan berdasarkan anugerah Allah dan manusia tidak ada andil sama sekali dalam hal keselamatan (Ef 2:8-9); Injil Kristus adalah “kekuatan Allah yang menyelamatkan setiap orang yang percaya” (Roma 1:16))
5. Padangan terhadap Sakramen (Alkitab hanya mengajarkan adanya 2 sakramen, yaitu Baptis & Perjamuan Kudus)

Untuk ringkasnya adalah, apakah pengajaran gereja tersebut melanggar apa yang tertulis dalam 12 Iman Rasuli atau tidak.

Melanggar butir-butir diatas, kita perlu berhati-hati. Apakah gereja tersebut adalah gereja sesat/bidat atau adalah gereja yang Yesus Kristus yang benar.