Apakah sebagai orang Kristen yang sudah dibaptis dan lahir baru kita masih memerlukan Baptisan Roh Kudus??? Dan bagaimana Kuasa Roh Kudus berperan dalam hidup kita….?

MinZZ

[JAWAB]:

[CKM]:

Nggak perlu, karena kita semua dibaptis dengan Roh Kudus/’Baptism with the Holy Spirit’ (Menerima baptisan Roh Kudus artinya sama dengan menerima Roh Kudus (bdk. Kis 1:5,8 Kis 2:1-4 Kis 11:15-16)), ini sesuai dengan Yoh 7:38-39 Ef 1:13 Kis 2:38 Gal 3:2,5 Gal 3:26 Gal 4:6).

Dan bagaimana Kuasa Roh Kudus berperan dalam hidup kita….?

  1. Harus diperhatikan bahwa Baptisan Roh Kudus tidak sama dengan kepenuhan Roh Kudus! Baptisan Roh Kudus adalah penerimaan Roh Kudus. Ini hanya terjadi sekali saja, karena sekali Roh Kudus itu masuk, Ia tidak akan keluar selama-lamanya (lih. Yoh 14:16). Tetapi kepenuhan Roh Kudus bisa terjadi berulang-ulang dalam Ef 5:18 ada dalam bentuk present imperative (= kata perintah bentuk present), maka present imperative ini harus ditaati terus-menerus (bdk. Kis 2:4; Kis 4:8; Kis 4:31).Dipenuhi Roh Kudus adalah dipengaruhi, dikendalikan sedemikian rupa oleh Roh Kudus sehingga kita memantulkan sifat-sifat moral Allah dan dikuatkan oleh kuasaNya
  2. Ciri-ciri orang yang di dalam dirinya ada Roh Kudus :
    1. Orang disadarkan akan dosa, kebenaran dan penghakiman (Yoh. 16:8).
    2. mempunyai kuasa untuk memberitakan Injil, bersaksi tentang Kristus Yesus.
    3. ia menghasilkan buah Roh (bentuk tunggal, singular) dimana buah Roh itu mempunyai sembilan aspek di dalamnya yang tidak dapat dipisahkan. Sembilan (Gal 5:22-23). aspek itu harus keluar dari dalam diri anak Tuhan yang sejati. Sayangnya, hari ini buah Roh Kudus tidak banyak diajarkan, orang hanya menekankan karunia Roh Kudus. Ironis kalau orang mempunyai banyak karunia Roh Kudus tetapi tidak mengeluarkan buah Roh. Pertanyaannya Roh yang mana dan berasal darimana? Karunia Roh tidak wajib dimiliki tetapi buah Roh wajib dan harus keluar dari diri anak Tuhan yang sejati.
    4. Roh Kudus memberikan karunia (kharismata, bhs. Yunani), yaitu suatu keahlian yang diberikan secara spesifik dan bersifat spiritual untuk melayani Sang Raja. Setiap kita menjadi bagian dari satu tubuh yang dipersatukan oleh Roh Kudus di dalam Kristus supaya kita dapat melayani bersama-sama. Roh Kudus memberikan pada setiap orang karismata tertentu sesuai dengan yang dikehendaki Roh (1Kor. 12). Inilah panggilan Kekristenan.
    5. Menurut Ef 5:19-21, seseorang yg dipenuhi Roh Kudus akan tahu melalui 4 bukti dalam hidupnya yaitu:
      1. Persekutuan penuh sukacita
      2. Memuji sepenuh hati
      3. Rasa syukur yang melimpah
      4. Ketaatan penuh rasa hormat