Hai Shallom, saya ingin tahu bagaimana dalam menghadapi situasi di bawah ini:

1. Pertama saya sering ditawarkan teman untuk kenalan dengan cewek tapi beragama Katolik dan saya sering menolaknya, karena memang dasarnya saya tidak suka kalau dikenalin lebih baik natural.

2. Saya pernah menemukan orang yang beragama Katolik cewek lebih mengerti bagaimana caranya bersandar kepada Tuhan Yesus bukan bersandar pada doktrin manusia dibandingkan dengan orang Kristen yang sekarang ada termasuk aku sih jadi saya tertegur.

Nah pertanyaan saya,
Pada saat ini saya menemukan hal yang sama yaitu saya mau dikenalkan lagi dengan cewek yang beragama Katolik dan akhirnya saya setuju. Apa yang harus saya lakukan, disamping saya sudah mendapat peringatan dari teman seiman saya (Kristen) untuk tidak perlu buang waktu dan disamping itu saya merasa tidak enak dengan teman gereja saya yang sudah berusaha mengenalkan dia.

Sebelumnya saya tahu bahwa Kristen dan Katolik sama kepercayaannya cuma berbeda dengan cara beribadah, jadi kalau ada kata2 saya yang menyinggung saya mohon maaf, saya hanya sharing pengalaman saya dan berusaha untuk menyelesaikannya. Thanks God Bless You all

AN

[JAWAB]:

[DSB]:

Bung AN,

Kalau dari cerita Anda, nampaknya Anda bingung setelah mengetahui beberapa perbedaan antara Kristen dan Katolik sedangkan Anda baru saja menjalin hubungan dengan seorang yang Katolik. Apakah benar demikian?

Aliran bukanlah isu yang utama di sini, melainkan Kristusnya. Kami tidak ingin mempermasalahkan suatu aliran secara spesifik, melainkan mempermasalahkan siapapun yang mengaku pengikut Kristus, namun tidak hidup sungguh-sungguh di hadapan Tuhan, atau hidup dengan pengertian akan iman yang salah.

Mohon maaf sebelumnya, dari cerita Anda ini,  kemungkinan masalahnya tidak terdapat pada si gadis apakah katolik atau bukan katolik, tetapi pada diri Anda sendiri. Mungkin Anda perlu menjawab terlebih dahulu pertanyaan-pertanyaan berikut: Bagaimana hubungan pribadi Anda dengan Tuhan? Apakah Anda suka berkomunikasi dengan-Nya setiap hari? Bagaimana dengan saat teduh Anda? Apakah Anda menikmatinya, ataukah Anda jarang melakukannya? Dan apakah Anda suka mempelajari Firman Tuhan, entah itu belajar dari hamba Tuhan, dari buku-buku atau dari teman Anda?

Apabila Anda merasa kerohanian Anda belum terlalu baik, saya sangat menyarankan agar Anda mulai bersaat teduh setiap hari, dan mempelajari Firman-Nya dengan teratur. Anda juga dapat mengajak sang gadis untuk sama-sama mempelajari Alkitab dan bersaat teduh. Sambil melakukan hal tersebut, selalu serahkan pergumulan hidup Anda (termasuk pergumulan Anda mengenai pasangan hidup Anda ini) kepada-Nya. Satu hal lain yang penting adalah pergilah beribadah di gereja yang mengajarkan isi Firman Tuhan dengan baik, bukan gereja yang hanya mengajarkan pengalaman hidup seseorang. Karena pengalaman sangat bersifat subjektif, sedangkan isi Firman Tuhan membuat kita lebih mengerti tentang Allah kita dengan lebih baik.

Dengan melakukan hal-hal tersebut, saya yakin Tuhan akan menuntun Saudara untuk dapat mengetahui apa yang harus Anda lakukan dengan kondisi Anda ini.