The Secret – Law of Attraction..
Pandangan Kekristenan tenang ini bagaimana?

Thanks🙂

Apenzzz

[JAWAB]:

[MC]:
Dalam DVD dan buku “The Secret”, Rhonda Byrne menyatakan bahwa ada sebuah daya yang sangat kuat yang menguasai hidup kita sekalian. Daya itu disebut sebagai “Hukum tarik-menarik” (The Law of Attraction).

Hukum ini menyatakan bahwa apapun yang kita inginkan, kita tinggal MEMINTAnya, PERCAYA bahwa kita akan menerimanya, lalu BERTINDAK seakan-akan kita telah menerimanya. Kita juga harus BENAR-BENAR PERCAYA dan TERUS MEMIKIRKAN apa yang kita inginkan tersebut serta TERUS BERPIKIR POSITIF.

Bila kita telah memenuhi syarat-syarat tersebut, ALAM SEMESTA (UNIVERSE) akan MENYESUAIKAN DIRInya dengan kita dan MEMENUHI permintaan kita tersebut. Para penulis juga menyatakan bahwa semesta

Di dalam DVD / buku tersebut, dinyatakan pula bahwa The Law of Attraction adalah HUKUM YANG TERKUAT YANG ADA.

Bagaimana pandangan iman Kristen terhadap hal ini?

Kita bisa meninjau hal ini secara teologis (Firman Tuhan), maupun secara filosofis (logika).

Pertama-tama marilah kita tinjau secara filosofis-logika.

Dalam “The Secret”, The Law of Attraction dinyatakan sebagai hukum terkuat di alam semesta. Namun, ada sebuah hukum yang jauh lebih kuat dibandingkan dengan The Law of Attraction. Namanya yaitu, THE LAW OF LOGIC (HUKUM LOGIKA)

Salah satu bagian dari The Law of Logic adalah THE LAW OF NON-CONTRADICTION. Hukum ini menyatakan bahwa DUA HAL YANG BERTOLAK BELAKANG TIDAK MUNGKIN KEDUANYA BENAR. Jadi misalnya saya hanya memiliki sebuah mobil, lalu dua orang teman (A dan B) bertanya apa warna mobil saya, lalu saya menjawab kepada A bahwa warnanya biru dan kepada B saya menjawab bahwa warnanya putih, tidaklah mungkin kedua jawaban tersebut adalah benar.

Kedua-duanya mungkin salah (bila ternyata mobil saya berwarna hijau), tapi jawaban yang benar hanyalah satu. Jawaban di luar kebenaran tersebut, pastilah salah.

Mengapa hukum ini lebih kuat dibandingkan dengan The Law of Attraction?

John Assaraf menceritakan dalam The Secret tentang bagaimana ia memiliki rumah impian lalu ia meminta, percaya, dan bertindak seolah-olah telah menerima. Dan tanpa ia sadari, ia akhirnya membeli rumah tersebut.

Memakai pengalaman John Assaraf, bagaimana seandainya Rhonda Byrne juga menginginkan rumah yang sama? Bagaimana cara Universe mewujudkannya? Bisakah terjadi? Ingat bahwa dua hal yang bertentangan tidak mungkin benar.

Maka hasilnya adalah SALAH SATU DARI MEREKA TIDAK AKAN MENDAPATKAN RUMAH TERSEBUT.

Jadi secara logika, bila ada dua (atau lebih) permintaan akan sesuatu yang sangat spesifik, pasti tidak semua permintaan tersebut terpenuhi. Dan dengan demikian, kami berani menyatakan bahwa secara logika, The Law of Attraction TIDAK BISA DITERIMA.

Lalu bagaimana dengan Firman Tuhan?

Buku The Secret menyatakan bahwa The Secret sebetulnya diambil dari iman Kristen. Bahkan mereka mengutip Matius 21:22 dan Markus 11:24 untuk mendukung hal tersebut.

Benarkah demikian?

Pertama-tama, dalam The Secret, kepada siapakah kita meminta? Saya kutip Lisa Nichols dari buku The Secret “Langkah pertama adalah meminta. Berilah tugas kepada Semesta. Biarkan Semesta mengetahui apa yang Anda inginkan. Semesta selalu merespons pikiran-pikiran Anda.”

Menurut The Secret saat kita meminta, kita harus meminta kepada Universe (Semesta). Sebagai seorang Kristen, kepada siapakah kita harus meminta? HANYA KEPADA ALLAHLAH SAJA KITA HARUS MEMINTA DAN ITU HARUS DILAKUKAN DALAM NAMA YESUS!

Jadi apakah Semesta itu sama dengan Allah? James Ray, salah satu narasumber The Secret, menyatakan “Anda mempunyai Semesta yang luas… Tradisi telah menyebutnya dengan banyak nama—malaikat pelindung yang kudus, diri yang lebih tinggi. Kita dapat memberi nama apa pun padanya, dan Anda bisa memilih salah satu nama yang paling cocok untuk Anda.”

The Secret MENYAMAKAN ALLAH DENGAN SEMESTA! Kejadian 1 mencatat bahwa ALLAH MENCIPTAKAN SEMESTA. Ciptaan tidaklah sama dengan pencipta.

Secara iman Kristen, dua hal di atas, yaitu kepada siapa kita meminta dan identitas Allah, yang diungkapkan dalam The Secret SUDAH JELAS TIDAK SESUAI.

Yang juga menjadi masalah adalah apa yang kita minta.

The Secret menyatakan kita bisa meminta apapun juga dan semuanya pasti terpenuhi. Bagaimana dengan pandangan Kristiani?

Banyak ayat dalam Alkitab (termasuk dua ayat di atas: Matius 21:22 dan Markus 11:24) yang menyatakan kita bisa meminta apa saja dan asalkan kita percaya, kita pasti menerimanya.

Tapi apakah ayat-ayat tersebut sesederhana itu? Yohanes 14:13-14 menyatakan

“dan apa juga yang kamu minta dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya, supaya Bapa dipermuliakan di dalam Anak. Jika kamu meminta sesuatu kepada-Ku dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya.”

Jelas sekali Yesus menyatakan bahwa kita akan menerima apapun yang kita minta bila… PERMINTAAN KITA SESUAI DENGAN KEHENDAK ALLAH.

Ini tentu saja terbalik dengan konsep The Secret di mana kita meminta dan Semesta menyesuaikan dirinya dengan permintaan kita.

Dalam Alkitab, KITALAH YANG HARUS MENYESUAIKAN DIRI DENGAN ALLAH agar apa yang kita minta dapat dipenuhi. Mengapa? Karena TUJUAN HIDUP KITA ADALAH MEMULIAKAN ALLAH. Dengan demikian, ALLAH TIDAK AKAN PERNAH MEMBERIKAN SESUATU YANG AKAN MENYEBABKAN ALLAH TIDAK DIMULIAKAN.

Sebetulnya masih banyak ajaran-ajaran lain dalam The Secret yang jelas-jelas bertentangan dengan iman Kristen, akan tetapi tidaklah memungkinkan untuk membedah buku tersebut secara mendetail. Yang kami bahas di sini adalah hal-hal yang menjadi intisari dari The Secret yang secara tegas bertentangan dengan iman Kristiani.

Apakah tidak ada sesuatu yang baik dari The Secret? Ada, The Secret mengajarkan kita untuk selalu bersyukur dan hal ini baik. Memang alasan mereka bersyukur tidaklah sesuai dengan alasan Kristiani. Dalam The Secret kita harus bersyukur agar kita memiliki pemikiran yang positif sehingga proses kita meminta menjadi ‘lancar’.

Namun kita seharusnya bersyukur karena ALLAH TELAH MENGASIHI KITA DAN TELAH RELA DATANG KE DUNIA INI DAN MATI DEMI DOSA-DOSA KITA. Tidak ada hal yang lebih patut kita syukuri dibandingkan hal tersebut, dan tidak ada pemberian yang lebih berharga dibandingkan pemberian tersebut.

Semoga uraian ini dapat membantu rekan-rekan yang sedang bergumul setelah membaca atau menonton The Secret.