Saya ingin bertanya sebenarnya hari sabat jatuh pada hari sabtu atau minggu y menurut alkitab?

Thanks,

Seli

[JAWAB]:

[DSB]:

Orang Yahudi memperingati hari Sabat (Hari ketujuh) pada hari Sabtu.  Namun setelah Kristus hadir di dunia, Kristus disalibkan pada hari Jumat (1 hari sebelum hari sabat, Markus 15:42) kemudian pada hari yang ketiga yaitu hari Minggu Yesus bangkit dari kubur (Pada hari pertama minggu itu – Markus 16:1-2). Karena itu maka setelah kebangkitan Kristus orang Kristen beribadah pada hari Minggu, bukan lagi pada hari Sabtu/Sabat.

Ibadah pada hari Minggu ini sudah dimulai bahkan sejak para Rasul masih hidup, misalnya pada Kisah 20:7 dikatakan demikian,

Pada hari pertama dalam minggu itu, ketika kami berkumpul untuk memecah-mecahkan roti, Paulus berbicara dengan saudara-saudara di situ, karena ia bermaksud untuk berangkat pada keesokan harinya. Pembicaraan itu berlangsung sampai tengah malam.

Asal kata Sabat sendiri menurut bahasa Ibrani Shabath berarti rest atau istirahat, jadi dalam ke-Kristenan Hari Minggu dikenal sebagai Hari Sabat orang Kristen (Christian Sabbath)  dan kemudian disebut juga Hari Tuhan (Wahyu 1:10). Hari Minggu dalam bahasa Indonesia berasal dari bahasa Portugis domingus yang juga berarti Hari Tuhan.