Syalom sophia, makasih ya udah menjawab pertanyaanku.

Tapi saat ini saya punya pertanyaan lain :

Pacar saya yang sekarang sebelum saya kenal adalah seorang perokok. Tapi sudah lama dia tidak merokok lagi tapi minggu kemarin setelah 3 tahun pacaran dia merokok lagi, hal tersebut yang membuat saya marah besar. Karena bukankah di dalam Alkitab kita harus menjaga tubuh kita karena tubuh kita adalah Bait Allah. Bukankah merokok itu dapat merusak tubuh dan juga dosa? Mohon pendapatnya apakah salah, saya melarang dia merokok atau apakah membiarkannya sadar sendiri ? Apakah yang harus saya lakukan?

Terima kasih. GBU

NB : Pacar saya saat ini tidak kerja.

NN

[JAWAB]:

[DSB]:

Dear NN,

Serius untuk mengaplikasikan Firman Tuhan dalam kehidupan sehari-hari adalah suatu semangat yang harus diacungkan jempol. Memang betul bahwa Firman Tuhan bahkan berlaku untuk hal-hal yang kelihatan “kecil” seperti merokok. Karena itu saya mengerti mengapa NN marah besar ketika pacar NN kembali lagi merokok.

NN, dalam kasus NN, rupanya ada hal-hal tertentu yang membuat pacar NN kembali merokok. Biasanya kalau seseorang yang sudah menang terhadap suatu kebiasaan buruk tertentu kembali lagi ke kebiasaan lamanya, pasti ada hal yang menjadi pemicunya. Hal-hal tersebut bisa:

1. Terbawa kembali oleh lingkungan atau teman.

2. Kondisi kerohanian yang buruk (hubungan dengan Tuhan yang terganggu).

3. Ada suatu problem besar yang sulit atau tidak mampu dipecahkan solusinya.

NN mungkin sedang merasa kesal dan marah dengan sang kekasih. Namun ini justru salah satu ujian bagi cinta kalian berdua. Seperti dalam pernikahan kelak di mana saat seorang jatuh, maka pasangannyalah yang harus menjaga dan menopang sehingga kalian berdua dapat selamat sampai pada akhirnya. NN perlu menyadari bahwa saat ini pacar NN sedang dalam kondisi yang sangat membutuhkan NN.

Daripada NN mencoba memarahi atau memaksa pacar NN untuk berhenti merokok, NN sebagai orang yang terdekat bisa coba mencari apa sebenarnya yang menjadi pemicu kembalinya kebiasaan merokok tersebut. Kalau itu memang karena lingkungan, maka bantu kekasih NN untuk melihat dan mencoba memutuskan pengaruh lingkungan tersebut. Tapi kalau itu adalah hubungan dengan Tuhan yang buruk, maka NN harus membantu mengingatkan kembali dan menyambungkan kembali hubungan dengan Tuhan yang mungkin sudah jauh.

Nah, kalau ternyata masalahnya adalah suatu problem yang tidak terpecahkan (mungkin seperti yang NN sendiri tulis yaitu tidak mempunyai pekerjaan), maka Anda berdua perlu sama-sama menanggung kesulitan tersebut dan memecahkan masalahnya.

Sambil berjalan, setidaknya kekasih NN akan merasa NN berada di pihaknya dan akan merasa bebannya lebih ringan. Dengan demikian maka diharapkan pacar NN tersebut tidak lagi memerlukan rokok sebagai pelarian dari masalahnya.

Jangan lupa, selalu doakan kekasih NN di setiap kesempatan. Doa orang percaya sungguh besar kuasanya (Yak 5:16). Dalam pengalaman kami, sering kami melihat orang-orang yang begitu keras yang akhirnya dapat diluluhkan oleh lutut orang yang berdoa.

Silakan baca juga: Bolehkah Merokok?

Tuhan memberkati NN.