Saya mau tanya bagaimana cara pindah dari katolik ke kristen protestan?
Saya sudah dibaptis,komuni dan krisma di katolik.
Alasan saya mau pindah agama karena pacar saya agama kristen dan orang tuanya mengharuskan pacar anaknya agama kristen juga.
Terima kasih

P

JAWAB:

[MC]:

Dear P,

Pertanyaan P sebetulnya memiliki 2 pertanyaan yang berbeda di dalamnya. Pertanyaan pertama adalah bagaimana kita menjadi orang Kristen. Pertanyaan yang kedua adalah bagaimana kita menjadi anggota suatu gereja.

Untuk menjawab pertanyaan kedua, yaitu bagaimana kita bergabung dengan sebuah gereja, semuanya berpulang kepada gereja yang mana P hendak bergabung. Tiap gereja memiliki aturan mereka masing-masing. Untuk masalah ini, lebih baik P tanyakan langsung kepada administrasi gereja yang bersangkutan.

Pertanyaan yang lebih penting sebenarnya adalah pertanyaan yang pertama, yaitu bagaimana kita menjadi orang Kristen (pengikut Kristus). Caranya mudah, yaitu dengan mengakui dan menerima Yesus Kristus sebagai Tuhan Allah dan Juruselamat kita. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan:

1. Setiap manusia telah berdosa dan terpisah dari Allah, tidak ada manusia yang tidak berdosa. (Roma 3:23) Tiap manusia memerlukan keselamatan.

2. Allah adalah Allah yang Maha Adil dan Maha Kasih. Keadilan Allah membuat Allah harus menuntut agar setiap dosa (termasuk yang terkecil sekalipun) mendapat hukuman, maka setiap manusia seharusnya dihukum oleh Allah. Hukumannya adalah kematian kekal di dalam neraka. (Roma 6:23)

Tetapi karena Allah Maha Kasih, maka Ia ingin agar manusia dapat lepas dari hukuman tersebut. Maka Allah menyediakan jalan.

3. Jalan itu adalah Yesus Kristus. Yesus adalah Allah 100% dan juga manusia 100%. Yesus adalah satu-satunya manusia yang pernah hidup yang tidak berdosa dan berhasil memenuhi segala hukum Allah. Maka ketika Yesus disalib, Ia menjadi korban penebusan yang sempurna bagi dosa manusia. (Yohanes 1:1, 3:16, 6:14)

4. Keselamatan yang Allah sediakan bersifat anugerah. Keselamatan adalah pemberian dan tidak dicapai dengan usaha. Tidak ada usaha manusia yang cukup baik untuk meraih keselamatan. Satu-satunya cara adalah dengan menerima Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat kita. Kita harus menerimanya dengan iman. (Efesus 2:8-9)

Yang paling penting untuk P ingat adalah: janganlah P memutuskan menjadi Kristen hanya untuk memuaskan orang tua pacar P. Apa yang akan terjadi seandainya P akhirnya putus dengannya? Bila memang Tuhan mengetuk hati P, maka terimalah Ia sebagai satu-satunya Tuhan dan Juruselamat P.

 

[DSB]:

Dear P, seperti yang telah dijelaskan oleh rekan saya, pindah agama secara prosedur tidaklah terlalu sulit, tergantung dari gereja Kristen mana yang menjadi tujuan P. Apabila P pindah ke Kristen yang beraliran tradisional seperti GKI, GRII, GII, GPIB dan sebagainya, maka umumnya Anda akan diminta untuk melakukan Sidi di gereja tersebut. Dengan demikian baptisan dari Katolik tetap diakui, namun perlu diteguhkan kembali melalui Sidi tersebut. Tapi hal ini tidak berlaku untuk aliran Pentakosta dan karismatik, beberapa dari gereja tersebut akan meminta Anda untuk dibaptis ulang dengan cara diselam.

Yang justru harus dipertimbangkan masak-masak justru adalah WHY. Apakah P pindah ke Kristen semata-mata untuk memenuhi persyaratan calon suami? Ataukah karena P sungguh-sungguh mengimani iman Kristen daripada Katolik? Perlu diketahui bahwa sekalipun Kristen dan Katolik sama-sama menyembah Tuhan yang bernama Yesus, namun memiliki perbedaan yang tajam dan mempunyai implikasi yang cukup besar dalam prinsip hidup dan keselamatan jiwa.

Kami menyarankan agar P sebaiknya terlebih dahulu mendalami ajaran-ajaran Kristen yang benar (saya katakan yang benar, karena ada banyak aliran Kristen yang menyimpang) dengan sungguh-sungguh. Dengan demikian keputusan P untuk pindah agama akan sungguh-sungguh dihayati dan dihidupi dengan penuh tanggung jawab.

P dapat mulai dengan mempelajari ajaran Kristen mengenai keselamatan seperti yang telah dituliskan oleh Sdr MC di atas, kemudian bandingkan dengan keselamatan menurut Katolik. Sedikit mengenai perbedaan Kristen dan Katolik dapat Anda bandingkan di posting kami Bagaimana dengan Pasangan Kristen dan Katolik.