syalom saya mau nanya,apakah diperkenankan kita yg menentukan kemana uang persepuluhan dikembalikan,,atau kita memecah persepuluhan kealokasi yg kita anggap lebih dibutuhkn misalnya ke dana misi,diakonia atau yg lainnnya digereja dimana kita bertumbuh atau kegereja lain.

sumadi

JAWAB:

[DSB]:

Pada prinsipnya, gereja tempat kita berbakti adalah tempat yang paling berhak untuk mendapatkan perpuluhan kita (untuk lengkapnya silakan membaca Perpuluhan dalam Perjanjian Baru). Sedangkan untuk ke bagian atau departemen mana yang Anda akan berikan perpuluhan Anda tentu tergantung dari pengaturan gereja tempat Anda berbakti.

Yang penting kita tidak boleh melupakan hamba Tuhan setempat karena menurut Paulus:

“Tidak tahukah kamu, bahwa mereka yang melayani dalam tempat kudus mendapat penghidupannya dari tempat kudus itu dan bahwa mereka yang melayani mezbah, mendapat bahagian mereka dari mezbah itu? Demikian pula Tuhan telah menetapkan, bahwa mereka yang memberitakan Injil, harus hidup dari pemberitaan Injil itu”. (I Korintus 9:13-14)

Apabila Anda merasa perlu memberikan bantuan kepada gereja lain, mungkin lebih tepatnya adalah persembahan yang diberikan. Kecuali apabila ada alasan yang kuat bagi Anda untuk memberikan perpuluhan Anda kepada gereja lain, kuranglah baik apabila kita memberikan perpuluhan kita kepada gereja lain. Alasan yang kuat itu misalnya apabila Anda merasa Tuhan menggerakkan Anda untuk memberi kepada gereja/badan lain yang lebih membutuhkan daripada gereja Anda dan apabila Anda tidak memiliki banyak uang lebih di luar perpuluhan yang dapat Anda berikan kepada mereka.