bagaimana kristen memandang “rokok”? bolehkah orang kristen merokok?? thanks..gbu

NN

JAWAB:

[MC]:

Pertanyaan yg cukup menarik, apalagi karena memang di dalam Alkitab sendiri tidak ada ayat langsung yg mengatakan “Jangan merokok”.

Maka, bolehkah orang Kristen merokok?

Jawabannya sebetulnya sangat jelas. Jangankan orang Kristen, ORANG NON-KRISTEN PUN TIDAK BOLEH merokok.

Saat ini kami percaya bahwa hampir tidak ada orang (termasuk para perokok) yg tidak mengetahui bahwa rokok memiliki dampak yg sangat buruk terhadap kesehatan. Bukan hanya kesehatan si perokok, namun juga kesehatan orang2 yg berada di sekitarnya. Penelitian di Amerika mencatat bahwa kematian akibat penyakit yg berhubungan dengan rokok (baik perokok aktif maupun pasif) menduduki peringkat kedua setelah kematian karena penyakit jantung koroner.

Maka, sekali lagi kami ulangi bahwa jangankan orang Kristen, orang non-Kristen pun seharusnya tidak boleh merokok.

I Kor 6:19-20 dengan jelas mengatakan bahwa tubuh kita adalah Bait Allah dan kita adalah milik Allah. Lebih lanjut lagi kita diperintahkan untuk memuliakan Allah dengan tubuh kita.

Bagaimanakah kita memuliakan Allah dengan tubuh kita? Jelas salah satunya adalah dengan menjaga agar tubuh kita sesehat mungkin, termasuk di dalamnya adalah dengan tidak melakukan hal-hal yg tidak baik bagi tubuh kita.

Bila rokok ternyata merusak tubuh kita, apakah dengan merokok kita dapat mengatakan kita memuliakan Allah dengan tubuh kita?

Matius 22:37-39 memerintahkan kita untuk mengasihi sesama seperti diri kita sendiri. Kita seringkali lupa bahwa dalam ayat ini kita bukan hanya dituntut mengasihi sesama, tetapi juga mengasihi diri kita sendiri.

Apakah dengan merusak tubuh kita melalui rokok berarti kita mengasihi diri kita sendiri? Lalu apakah dengan meracuni orang2 di sekeliling kita dengan asap rokok adalah wujud mengasihi sesama?

Merokok jelas adalah pelanggaran terhadap hukum yg terutama ini.

1. Kita tidak mengasihi Allah karena kita merusak bait-Nya yg kudus, yaitu tubuh kita.

2. Kita tidak mengasihi sesama karena asap rokok yg kita hembuskan sangatlah beracun dan merusak kesehatan orang2 di sekitar kita.

3. Kita tidak mengasihi diri kita sendiri dengan membiarkannya dirusak oleh rokok.

Silakan baca juga Pacarku Merokok Lagi.