hi, saya saat membaca penjelasan anda mengenai iman katolik sama iman kristen di pembahasan Pasangan Kristen & Katolik. saya tambah bingung, berarti pasangan Kristen & Kristen juga belum tentu seiman donk kalau mereka beda aliran antara Calvinisme & Arminianisme?
Rico
 
JAWAB:
[CKM]:
Saya tidak menjawab secara langsung pertanyaan Anda, tapi saya beri pengertian dulu setelah itu silakan Anda pikir.
Tergantung Arminian jenis apa. Jika ia adalah seorang Arminian yang konsisten, tentu ia tidak selamat, alias tidak seiman. Karena Arminian konsisten adalah Injil yang lain, yang Paulus sudah peringatkan. Arminianisme juga adalah bentuk lain dari Semi-Pelagianisme yang menitikberatkan pada sisi manusia, sama dengan Roma katolik. Tetapi untuk menjadi seorang Arminian yang konsisten, ia haruslah menjadi seorang yang open-theist atau lainnya yang mirip. Tetapi golongan Arminian lainnya yaitu yang tidak konsistent, sunguh-sungguh mempercayai Hanya Kristus, Hanya Anugerah, tapi mereka tidak berpikir bagaiaman semua hal itu bisa terjadi. Mereka biasanya lemah di dalam pengertian dan perlu diajarkan kebenaran. Jika mereka menolak pengajaran tersebut dan terbenam/terperosok dalam pengertian sendiri mengenai keselamatan, ini mungkin adalah bukti bahwa mereka tidak akan selamat, karena tidak seiman. Jika mereka menerima dan berkata, ya, ini benar – bahwa hanya anugerah dan bertumbuh dalamnya, maka ia selamat dan mungkin dulunya mereka adalah orang yang tidak mempercayai ajaran ini, dan mereka tentu tidak menikmati keselamatannya karena mengikuti arus teologia yang buruk yang tidak konsisten. Pertimbangan, jika seseorang yang benar-benar dilahirbarukan oleh Roh Kudus tetapi mendapatkan pengajaran yang salah selama bertahun-tahun ditempat dimana ia beribadah dan berjemaat, ia akan menjadi sangat resistan untuk medengarkan kebenaran, khususnya pada saat pertama kali karena tradisi awalnya sudah termemori dalam pikirannya. Jika di konfrontasikan dengan Kitab Suci hal akan menelanjangi kelemahan mereka di dalam pengertian Kitab Suci, TETAPI banyak dari antara mereka tidak akan pernah mempunyai kesempatan dikonfrontasi oleh karena lingkungannya, sampai kedatangan Kristus kedua kali.
Ada banyak orang Kristen di China, khususnya di pedalaman yang tidak memungkinkan untuk mengadakan kontak dengan Gereja berteologi Reformed, tetapi dengan Roh Kudus mungkin mareka akan diterangkan, di celikan ketika mereka membaca Kitab Suci. Saya tidak menyangkal bahwa kemungkinan tersebut munkin saja terjadi.