Dear Ask shopia,

suami saya itu dulunya islam,dan sekarang sedang banyak2nya bertanya ttg isi alkitab n kbenaran ttg sosok Yesus. dia msh bingung knp Yesus itu adalah Tuhan, sedangkan bnyk ayat2 yg mnyatakan Yesus berdoa kepada Bapa, kl Yesus Tuhan berarti dia bicara kepada siapa? N ada kalimat Yesus adalah anak tunggal, n Dia anak yg kukasihi. itu mksnya gmn ya. sy agk ssh mnjelaskan ke suami saya. Mnilik itu smua kl saya baca di kitab kjadian 1:26, “Baiklah Kita menjadikan manusia mnurut gambar n rupa Kita”, mksd kata Kita disitu kan artinya Tuhan, nah saya bingung apakah Tuhan itu jamak ya?

ME

JAWAB:

[CKM]:

suami saya itu dulunya islam,dan sekarang sedang banyak2nya bertanya ttg isi alkitab n kbenaran ttg sosok Yesus. dia msh bingung knp Yesus itu adalah Tuhan,
CKM:  Yesus mempunyai 2 natur dalam 1 pribadi.
a. Yesus sungguh-sungguh Allah.
Bila membaca Yoh 1:1 tertulis kata ’Firman’. Kata ‘Firman’ (bahasa Yunani: LOGOS) di sini jelas menunjuk kepada Yesus. Ini terlihat dari Yoh 1:14a yang mengatakan bahwa ‘Firman itu telah menjadi manusia’ dan dari Yoh 1:14b yang menyebutNya sebagai ‘Anak Tunggal Allah’.
Dan Yoh 1:1 ini secara explicit mengatakan bahwa Firman / Yesus itu adalah Allah.
Ayat pendukung lainnya bisa dibaca di Yes 9:5; Roma 9:5;  Fil 2:5b-7;  Titus 2:13;  Ibr 1:8;  2Pet 1:1;  1Yoh 5:20, dll.
Juga dalam Mat 1:23 Yesus disebut dengan istilah ‘Immanuel’, yang artinya adalah God with us (= Allah dengan kita).
Dalam PL, sebutan ‘Juruselamat’ dan ‘Penebus’/‘Penolong’ ditujukan kepada Allah (Yes 43:3,11;  Yes 45:15;  Yer 14:8;  Hos 13:4), tetapi dalam PB, sebutan itu ditujukan kepada Yesus (2Tim 1:10;  Tit 1:4;  Tit 2:13;  Tit 3:6;  2Pet 1:11;  2Pet 2:20;  2Pet 3:18).
Alkitab memerintahkan penyembahan terhadap Yesus. Dalam Ibr 1:6 Allah sendiri berkata bahwa malaikat-malaikat harus menyembah Anak/Yesus. Yesus sendiri mau disembah dan disebut Tuhan/Allah (Mat 14:33;  Mat 28:9,17;  Yoh 9:38;  Yoh 20:28), padahal Yesus sendiri berkata bahwa kita hanya boleh menyembah Allah (Mat 4:10).
b. Tetapi Yesus juga sungguh-sungguh manusia, hal ini bisa dibaca di Yoh 8:40;  Kis 2:22 ; Ro 5:15;  1Kor 15:21; Mat 24:44;; Yoh 1:14;  1Tim 3:16;  Ibr 2:14;  1Yoh 4:2. Ayat-ayat seperti Ro 8:3  Fil 2:7-8  Ibr 2:14-17 jelas menunjukkan bahwa Yesus sungguh-sungguh adalah manusia.
Sebuah pertanyaan penting yaitu kalau Yesus adalah manusia yang suci, maka sebetulnya Ia bukan manusia, karena semua manusia berdosa. Untuk ini perlu diketahui bahwa dosa tidak termasuk dalam hakekat manusia. Sebelum jatuh ke dalam dosa, Adam dan Hawa sudah adalah manusia!
Sesuatu yang penting sekali untuk diwaspadai / diperhatikan adalah: Ada banyak ayat yang menunjukkan keilahian Kristus, dan ada banyak ayat yang menunjukkan kemanusiaan Kristus. Kita tidak boleh menggunakan ayat-ayat yang menunjukkan keilahian Kristus untuk membuktikan bahwa Ia bukanlah manusia, dan kita juga tidak boleh menggunakan ayat-ayat yang menunjukkan kema­nusiaan Kristus untuk membuktikan bahwa Ia bukanlah Allah!
Kedua natur ini penting ada dalam diri Kristus, diantaranya adalah  agar dengan keilahian Yesus , maka pengorbanan / kematianNya mempunyai nilai penebusan yang tak terbatas; Supaya pada waktu Allah menimpakan hukuman umat manusia kepada Yesus, Ia tidak bertindak tidak adil. Sedangkan natur kemanusiaannya diperlukan karena yang berbuat dosa adalah manusia, dan karena itu hukumannya harus ditanggung oleh seorang manusia. Karena itulah Kristus harus menjadi seorang manusia yang sama seperti kita (Ro 8:3; Ibr 2:14-17) yang mempunyai tubuh dan jiwa/roh. Tetapi denga syarat Kristus haruslah menjadi seorang manusia yang suci, karena kalau Ia sendiri berdosa, Ia tidak bisa menebus dosa kita (Ibr 7:26-27). Selain itu adalah supaya bisa menjadi pengantara antara Allah dan manusia (1Tim 2:5).
sedangkan bnyk ayat2 yg mnyatakan Yesus berdoa kepada Bapa, kl Yesus Tuhan berarti dia bicara kepada siapa?
CKM:
Yesus berdoa kepada Bapa karena Ia sebagai manusia, ada dibawah hukum Taurat (Galatia 4:4), oleh sebab itu, sebagai manusia pula Ia perlu berdoa kepada Bapa. Alkitab mengajarkan bahwa Yesus adalah Tuhan dan juga manusia (Kolose 2:9; Yoh 8:58).
 N ada kalimat Yesus adalah anak tunggal, n Dia anak yg kukasihi. itu mksnya gmn ya. sy agk ssh mnjelaskan ke suami saya. Mnilik itu smua kl saya baca di kitab kjadian 1:26, “Baiklah Kita menjadikan manusia mnurut gambar n rupa Kita”, mksd kata Kita disitu kan artinya Tuhan, nah saya bingung apakah Tuhan itu jamak ya?
CKM: Sekalipun Kristen mempercayai bahwa Bapa adalah Allah / Tuhan, Yesus adalah Allah / Tuhan, dan Roh Kudus adalah Allah / Tuhan, tetapi Kristen tidak percaya adanya 3 Allah / Tuhan!
Silakan baca Yoh 17:3 dan 1Yoh 5:20.
Yoh 17:3 tidak boleh ditafsirkan bertentangan dengan ayat yang lain, dan 1 Yoh 5:20 mengatakan bahwa Yesus adalah ‘Allah yang benar’.
Jadi, kita tidak boleh menafsirkan kata-kata ‘satu-satunya Allah yang benar’ dalam Yoh 17:3 itu sehingga berarti bahwa ‘Yesus bukan Allah yang benar’.
Pernyataan-pernyataan bahwa Allah itu esa/satu dalam Alkitab, bertujuan untuk menentang polytheisme, bukan menentang keilahian Kristus (atau Roh Kudus), atau doktrin Allah Tritunggal.
Saya percaya bahwa ini bukan hanya berlaku untuk Yoh 17:3 ini tetapi juga untuk semua ayat lain yang menunjukkan bahwa Allah itu esa, seperti Ul 6:4, 1Kor 8:4,6  1Tim 2:5, Yak 2:19, dsb. Perlu diingat bahwa pada jaman itu semua agama lain di luar Kristen dan Yudaisme, menganut polytheisme.
Selain itu untuk menyatakan bahwa natur Allah hanya satu, bukan bahwa pribadi Allah hanya satu.
Mengapa kita harus menafsirkan seperti ini? Karena dalam Alkitab ada banyak hal yang menyatakan adanya kejamakan dalam diri Allah.
Note:
Penjelasan lain mengenai Allah Tritunggal dapat dibaca pada post berikut ini: Penjelasan mengenai Allah Tritunggal