Saya cuma ingin bertanya agama dari Abraham itu apa?, karna yang saya tau kristen itu dikenal pertama kali di antiokhia sejak Yesus Kristus lahir, wafat, dan bangkit, dan Yesus Kristus adalah keturunan dari Ishak anak Abraham. itu saja terimakasih.

Wesley

 

JAWAB:

[CKM]:

Sebelum dipanggil TUHAN dari Mesopotamia ia menganut agama mesopotamia yang bersifat politeisme. Ketika Abram dipanggil oleh Allah Yahweh maka secara bertahap ia meninggalkan kepercayaan aslinya dan percaya kepada Allah Yahweh, bahkan Abram adalah orang yang meletakan dasar-dasar budaya Israel yang dikenal dengan nama Yahudi sekarang.

 

[DSB]:

Tambahan: Setelah Abram dipanggil Allah Yahweh, namanya menjadi Abraham dan di antara seluruh isi dunia ini, hanya Abraham dan keluarganyalah yang menyembah Yahweh (monotheisme), suatu konsep yang begitu berbeda dan sangat menonjol di tengah umat manusia pada masa itu. Dalam Alkitab iman Abraham tersebut belum diberikan sebutan sebagai suatu agama tertentu. Namun dari iman Abraham inilah Allah melanjutkan karya penyelamatan-Nya sampai kepada Musa (Yahudi) dan Kristus (Kekristenan).