Hai sophia,aku averina. Aku mau nanya nih.. Di Kejdian 4:17 kan dibilang kalau Kain bersetubuh dengan isterinya dan mengandunglah perempuan itu,lalu melahirkan Henokh. Yang jadi pertanyaan aku,siapa itu istrinya Kain. Kan manusia pertama Adam lalu Tuhan menciptakan Hawa,lahirlah anak dari mereka Kain,Habel dan Set. Lalu istrinya Kain datang dari mana?
Averina

 

JAWAB:

[DSB]:

Pertanyaan yang sangat bagus. Sederhana namun kritis :). Jawaban terhadap pertanyaan yang sederhana ini akan menujukkan bahwa Alkitab kita adalah benar dan dapat dipercaya sepenuhnya.

Pertanyaan yang sederhana ini sebenarnya jawabannya sebenarnya sangat sederhana pula. Mari kita baca dengan teliti Kejadian 5:3-5 yang berbunyi demikian:

Setelah Adam hidup seratus tiga puluh tahun, ia memperanakkan seorang laki-laki menurut rupa dan gambarnya, lalu memberi nama Set kepadanya. Umur Adam, setelah memperanakkan Set, delapan ratus tahun, dan ia memperanakkan anak-anak lelaki dan perempuan. Jadi Adam mencapai umur sembilan ratus tiga puluh tahun, lalu ia mati.

Berapakah jumlah anak Adam dan Hawa? Banyak! Dan jelas bukanlah 3 anak saja. Anak-anak Adam ada yang laki-laki dan ada juga yang perempuan. Mereka semua lahir dalam rentang waktu antara Adam berusia 130 tahun s/d 930 tahun. Jadi masuk akal sekali kalau Kain dan Set sama-sama memperistri saudara kandung mereka sendiri. Perlu diketahui bahwa pada masa itu perkawinan antar saudara kandung belum dilarang Tuhan sampai diturunkannya hukum Taurat pada jaman Musa.