Saya ingin bertanya, saat saya masih bayi saya sudah pernah di babtis percik. lalu saat saya remaja saya terlibat suatu persekutuan dimana mentor saya meyakinkan saya bahwa baptisan yang benar adalah secara SELAM. Akhirnya saya memberi diri untuk di baptis selam. jadi bisa dikatakan bahwa saya dibabtis dua kali. Akhir-akhir ini saya membaca beberapa artikel mengenai Baptis Selam atau Percik dan banyak dari artikel yang saya baca mengatakan baptis percik TIDAK salah (termasuk salah satu artikel dari asksopjia https://asksophia.wordpress.com/2011/07/26/baptis-selam-atau-percik/) dan ini membuat saya bingung. Yang ingin saya tanyakan adalah, apakah berdosa jika saya dibaptis dua kali (dengan cara yang berbeda)?

A

JAWAB:

[CKM]:

Salam kasih,

Menurut kami Anda tidak berdosa karena Anda melakukannya dalam konteks tidak tahu atau dibodohi. Tapi kalau Anda dibaptis ulang atao berkali-kali dalam konteks tahu dan melakukan itu misalnya hanya demi kelengkapan administratif maka Anda sudah melakukan penghinaan terhadap sakramen kudus. Hal ini berlaku dengan syarat bahwa baptisan yang Anda terima sah adalah harus dibaptis dengan formula Tritunggal, bukan formula yang lain misalnya formula Jesus Only. Jika kasusnya seperti itu maka Anda harus dibaptis ulang apakah dengan cara percik, selam atau tuang sama saja.