Mengenai dosa menghujat Roh Kudus, Saya merasa bahwa Saya telah melakukannya tdk lama ini, Dan hal ini membuat Saya sedikit sedih karena merasa bahwa Saya mendapat dosa kekal yang tidak dapat diampuni Dan seperti sudah tidak memiliki kesempatan Untuk masuk kedalam Kerajaan Surga. Apakah Saya tidak memiliki kesempatan lagi?

NN

JAWAB:

Mengenai apakah dosa menghujat Roh Kudus, silakan baca Dosa Menghujat Roh Kudus.

[CKM]:

Pada saat seseorang telah diterangi oleh Roh Kudus sampai tahap dia dapat mengetahui Yesus sebagai benar-benar Kristus, dan kemudian orang itu menuduh Kristus berasal dari Setan, maka orang itu telah melakukan dosa yang tidak dapat diampuni. Apabila orang Kristen mengandalkan kekuatannya sendiri, maka ia dapat melakukan dosa yang tidak dapat diampuni ini, tetapi kita yakin bahwa Allah dengan pemeliharaan yang berdasarkan kasih karunia-Nya tetap akan menjaga orang-orang kudus untuk tidak jatuh pada dosa yang semacam itu.

[MC]:

Mengenai apakah kita pernah melakukan dosa menghujat Roh Kudus, kami sebenarnya tidak dapat mengatakan dengan pasti apakah seseorang pernah melakukannya atau tidak karena hanya Allahlah yang sebenarnya mengetahui apakah benar orang tersebut pernah menghujat Roh Kudus atau tidak.

Akan tetapi, bila orang tersebut dapat merasa bahwa ia telah menghujat Roh Kudus dan merasa sangat menyesal telah melakukannya, pandangan saya adalah bahwa dosa yang ia lakukan sebetulnya bukanlah dosa menghujat Roh Kudus. Dalam hal ini, mintalah ampun kepada Allah atas dosa yang telah Saudara lakukan dan percayalah Ia akan mengampuni Saudara.