Shalom kak..
Saya seorang gadis berusia 24 tahun..
Sampai dgn umur 24 tahun saya belum pernah mempunyai seorang pacar/ pasangan.. apakah itu suatu hal yg wajar?
Dlm keseharian saya berhubungan baik dgn teman-teman laki-laki saya.. apa mungkin krn saya terlalu asik dgn hub pertemanan jd saya tdk berpikir utk berpacaran. Kl suka suka an sih pernah, cm ga pernah berujung dgn jadian. ada satu tmn laki laki saya pernah berpendapat bahwa sbg wanita saya terlalu independen, seolah olah ga butuh laki2.. saya mulai menyadari setelah usia saya 23 tahun ‘oh iya ya , gw tu blm pernah pacaran’ skrg sy baru punya kerinduan utk itu..
Krn skrg saya sudah lahir baru, saya tau bhwa pasangan hidup bkn sesuatu sprti hompimpa.. Sbnrnya kapan wkt yg mmg sudah saatnya kita minta ph sm Tuhan / mnt didoakan utk ph? Beside answer, give me some advices too ya sista , thank you

Amanda

JAWAB:

[DSB]:

Dear Amanda,

Kami bersyukur Amanda menggumulkan pasangan hidup di hadapan Tuhan. Menggumulkan pasangan hidup adalah hal yang Tuhan inginkan untuk kita lakukan.

Kalau melihat kecenderungan dewasa ini, semakin hari usia orang menikah semakin tua. Pada jaman orang tua kita mungkin umur 17 tahun bahkan kurang dari itu adalah umur yang lazim seseorang melangsungkan pernikahan. Namun sekarang terutama bagi yang tinggal di kota semakin jarang wanita yang menikah di bawah usia 25 tahun. Pernikahan di atas usia 30 malah semakin banyak. Hal tersebut terjadi sesuai dengan perkembangan jaman, di antaranya banyaknya wanita yang menjadi wanita karir.

Amanda tidak perlu kuatir, bahkan banyak orang mulai berpacaran di atas usia 25 dan juga banyak yang menikah dalam usia awal 30an. Karena budaya dan kesehatan, maka idealnya wanita menikah sebelum usia 30.

Mengenai kapan dapat mendoakan pasangan hidup, sebenarnya bahkan dari semenjak menyadari akan ketertarikan kepada lawan jenis, seseorang boleh mendoakan pasangan hidup. Tidak ada yang salah dengan mendoakan pasangan hidup sejak remaja misalnya. Karena pasangan hidup adalah keputusan no 2 terpenting dalam hidup kita (setelah keputusan menerima Kristus) maka sejak dini kita boleh mendoakan pasangan hidup kita. Namun mengenai kapan usia yang tepat untuk pacaran, wanita yang berusia 24 tahun semestinya tidak ada masalah apapun untuk memulai mencari. Silakan mulai menggumulkan dan membuka diri Anda terhadap pria-pria orang percaya yang lain.

Sebagai orang percaya tentunya kita sebaiknya tidak mencari pasangan di tempat-tempat umum seperti mall, tempat dugem, dan lain-lain. Lebih baik mencari pasangan yang sepadan di gereja tempat Amanda beribadah. Pacaran yang baik dimulai dengan persahabatan, maka mulailah memperhatikan teman-teman pria dari lingkungan Amanda sendiri yang mungkin sebenarnya sudah menunjukkan ketertarikannya kepada Amanda. Cobalah membuka diri dan berkencan.

Dengan demikian, pria-pria tersebut baru mempunyai kesempatan untuk dikenal dan mengenal Amanda lebih jauh. Sambil berjalan, jangan lupakan mengikutsertakan Tuhan dalam setiap keputusan/pilihan Amanda. Dengan demikian Amanda tidak akan salah memilih pasangan.

Kami akan mendoakan Amanda agar menemukan pasangan seiman yang sepadan bagi Amanda.