Mau tanya ya.. Gini aku punya pacar yang sangat rohani terus dia pernah bilang gak boleh peluk bahkan pegang tangan, dia bilang harus jaga kekudusan.. Tapi ada saatnya dia sedih karena ada masalah keluarga, karena teringat dia bilang jaga kekudusan jadi saya diam aja, padahal saya ingin sekali memeluk dia saat itu.. Menurut anda atau kakak gimana? Apa saya tetap mengikuti keinginannya?

km

[JAWAB]:

[DSB]:

Dear km, dengan niat Anda untuk memeluk sang kekasih sebagai “shoulder to cry on”, kelihatannya Sdr. km adalah orang yang cukup perhatian dan sangat mencintai kekasih Sdr. tersebut. Mencintainya sungguh-sungguh berarti perlu juga menghargai batasan kekudusan yang dipegangnya sekalipun sebagai kekasih, tentunya Sdr km sangat rindu untuk dapat memeluk dan menunjukkan kasih km kepadanya. Maka kalau km merasa kekasih km ini begitu memerlukan sebuah pelukan, mintalah ijin kepadanya untuk boleh memeluk dan memberi kelegaan, namun tetap hargai keputusannya apabila pacar Anda menolaknya. Km bisa memegang tangannya dan menepuk pundaknya bila perlu, tetapi tetap hargai kesepakatan akan kekudusan Anda berdua.

Sewaktu km menunjukkan penghargaan km kepada nilai-nilai yang dipegang oleh kekasih km, tentu akan menjadi nilai tambah di mata sang kekasih.

Sdr km, selain menghargai nilai-nilai yang dipegang kekasih, perlu juga km mengevaluasi diri sebelum meminta ijin kepadanya untuk memeluknya. Hati seorang pria bisa jadi baik, tetapi daging ini begitu jahat sehingga dapat menipu kita. Jangan-jangan daging kita ini sebenarnya ingin lebih dari sekedar pelukan, namun ia membenarkan diri kita dengan alasan heroik yaitu kebutuhan akan “pelukan” sehingga daging tersebut bisa memperoleh pemenuhan tujuan akhirnya, yaitu “sentuhan” yang lebih intim.

Apabila dalam hati Anda sejujurnya Anda tidak dapat menahan diri untuk menjaga kekudusan pacaran, maka sebaiknya tidak perlu memberikan pelukan tersebut. Percayalah, dalam hal ini tidak memeluk jauh lebih baik daripada memeluk dan terpeleset jatuh ke dalam dosa. Terlebih lagi dalam kondisi galau, memang seorang wanita akan lebih terbuka untuk menerima perhatian dan kasih dalam bentuk sentuhan.

Akhirnya berdoalah dan berjaga-jagalah. Tuhan akan menolong Saudara.

Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu, si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya. (I Petrus 5:8)