Knp agama kristen mnggap yesus sbg tuhan? Pdhl jg dijlskn bhw yesus berdoa(Lukas22:41).Yesus berdoa pd siapa?Jk yesus tuhan knp msti berdoa?

Dan kita tahu juga bahwa Allah hanya satu; tidak ada yang lain.(1Kor. 8:4). tapi kenapa ada 3 tuhan Bapa, Anak dan Roh Kudus? saya masih bingung padahal disebutkan Allah itu tunggal?

jika yesus itu tuhan kenapa dia disalib oleh manusia. bukankah tuhan mempunyai kekuasaan untuk menolong dirinya sendiri. kenapa tuhan bersikap seolah-olah ia manusia yang tidak bisa berbuat apa-apa ketika disalib?

jika manusia yang berbuat dosa kepada Tuhan, lalu kenapa Tuhan yang harus mati untuk menebus dan mengampuni dosa manusia? seperti yang dipost yesus menebus dosa kepada Iblis. kenapa tidak sekalian saja manusia menyembah Iblis dari pada yesus. karena dalam post yang sebelumnya seolah-olah Iblis lebih kuat dari yesus

Nana

 

JAWAB:

[DSB]:

Dear Nana,

Pertanyaan-pertanyaan Anda intinya sama yaitu mempertanyakan tentang keilahian Kristus. Memang hal seperti ini sangat wajar sekali ditanyakan karena kedengaran absurd dan tidak logis. Namun sesuatu yang terdengar seperti itu bukan berarti pasti salah atau menyesatkan. Kita bisa saja mendiskusikan isu mengenai Yesus adalah Tuhan dan Allah Tritunggal ini berhari-hari tanpa adanya konklusi dan menjadi sekedar debat kusir karena dasar pemahaman dan pemikiran kita yang berbeda. Semua doktrin mengenai Keilahian Yesus maupun Allah Tritunggal semua bersumber dari Alkitab itu sendiri dan karena Alkitab itu sendiri tidak dipercaya oleh orang-orang di luar Kristus, maka setiap pembahasan teologis yang bersumber dari Alkitab tidak akan dapat menjawab pertanyaan Anda secara memuaskan.

Maka apabila Anda memang berminat untuk sungguh-sungguh mencari kebenaran mengenai Yesus (bukan hanya ingin berdebat atau membenarkan pemahaman yang sekarang Anda pegang), kami menyarankan Anda untuk membaca buku karya Lee Strobel yang berjudul The Case for Christ (Pembuktian atas Kebenaran Kristus). Lee Strobel adalah seorang jurnalis investigatif dari harian Chicago Tribune yang atheis, namun kemudian menjadi pengikut Kristus setelah melakukan investigasi dalam berbagai bidang mengenai Yesus. Investigasi yang mana akhirnya membuktikan kebenaran bahwa Yesus Kristus adalah Tuhan dan Kristus. Beberapa bukti yang disampaikan pada buku tersebut antara lain:

  1. Bukti saksi mata
  2. Bukti dokumenter (biografi)
  3. Bukti arkeologi
  4. Bukti identitas
  5. Bukti psikologis
  6. Bukti profil
  7. Bukti sidik jari
  8. Bukti medis
  9. Bukti tidak langsung
  10. Bukti jenazah yang hilang

Dengan demikian semoga dapat menjawab keingintahuan atau rasa penasaran dari Sdri Nana.

Adapun penjelasan kami mengenai Yesus adalah Tuhan dan Allah Tritunggal dapat dibaca di tautan berikut: