Kenapa ayat yg menyebutkan “Yesus adalah satu-satuanya jalan keselamatan” sehingga diartikan bahwa jika tidak atau belum mengakui Yesus adalah Tuhan akan masuk neraka

Padahal ada ayat yang mengatakan bahwa bukan orang, yang mengatakan Dia Tuhan yang masuk sorga tapi orang yang melakukan kehendak Bapa-Nya

brightmagician

 

JAWAB:

[MC]:

Matius 7:21 menyatakan bahwa bukan orang yang berseru kepada Yesus, Tuhan, Tuhan! yang akan masuk ke dalam kerajaan Surga, melainkan mereka yang melakukan kehendak Bapa.

Pertanyaannya seharusnya adalah, apakah yang menjadi kehendak Allah Bapa? Yohanes 6:40 mencatat “Sebab inilah kehendak Bapa-Ku, yaitu supaya setiap orang, yang melihat Anak dan yang percaya kepada-Nya beroleh hidup yang kekal, dan supaya Aku membangkitkannya pada akhir zaman.”

 Jadi kehendak Bapa adalah agar orang percaya kepada Yesus memperoleh hidup yang kekal.

Maka, dapat kita simpulkan bahwa satu-satunya jalan keselamatan adalah melalui Yesus.

Konteks Matius 7:21 harus dilihat dari ayat 15-23, yaitu akan timbul nabi-nabi palsu yang nampaknya bekerja keras untuk kemuliaan Yesus, padahal mereka sesungguhnya tidak pernah mengenal dan menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat mereka, maka dari itulah Yesus mengatakan bahwa Ia tidak mengenal mereka (ayat 23).

Hal ini seharusnya menjadi peringatan keras bagi kita sekalian apakah kita sesungguhnya telah benar-benar menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat kita, ataukah selama ini kita hanya melakukan aktivitas-aktivitas rohani  tanpa pernah benar-benar kita bertobat dan menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat kita.

Marilah kita minta Tuhan untuk menyelidiki hati kita dan menyadarkan kita sekiranya selama ini kita belum sungguh-sungguh menerima-Nya sebagai Tuhan dan Juruselamat kita.