Pengen tanya saya sering dengar orang-orang bilang dirinya istimewa berdasar ayat Alkitab yg ada di Yesaya

Pertanyaannya
1) Sebenarnya di konteks alkitab itu ngomong ke siapa dan janji utk siapa sih?
(Apa berupa janji juga?)

2) kalau benar interpretasi bahwa untuk semua manusia. Maka semua manusia istimewa. Dan kalau semua manusia istimewa bukannya bisa disamain ya dengan masalah yg kalau segala sesuatu hitam maka hitam, maka hitam itu tidak ada.

Trims ya :))

brightmagician

 

JAWAB:

[DSB]:

Dear bm,

Kalau tidak salah ‘menafsirkan’ pertanyaan Sdr, maka yang dimaksudkan adalah Yesaya 43:4

Oleh karena engkau berharga di mata-Ku dan mulia, dan Aku ini mengasihi engkau, maka Aku memberikan manusia sebagai gantimu, dan bangsa-bangsa sebagai ganti nyawamu. (Yesaya 43:4)

Untuk mengerti ayat tersebut kita harus membaca keseluruhan perikopnya, di mana dimulai dengan ayat 1:

Tetapi sekarang, beginilah firman TUHAN yang menciptakan engkau, hai Yakub, yang membentuk engkau, hai Israel: “Janganlah takut, sebab Aku telah menebus engkau, Aku telah memanggil engkau dengan namamu, engkau ini kepunyaan-Ku. Apabila engkau menyeberang melalui air, Aku akan menyertai engkau, atau melalui sungai-sungai, engkau tidak akan dihanyutkan; apabila engkau berjalan melalui api, engkau tidak akan dihanguskan, dan nyala api tidak akan membakar engkau. Sebab Akulah TUHAN, Allahmu, Yang Mahakudus, Allah Israel, Juruselamatmu. Aku menebus engkau dengan Mesir, dan memberikan Etiopia dan Syeba sebagai gantimu.  (Yesaya 43:1-3)

Maka jelaslah bahwa ayat 4 pertama-tama ditujukan kepada bangsa Israel sebagai umat pilihan Allah. Bangsa Israel adalah bangsa yang berharga di mata Tuhan di mana Allah berjanji akan melindungi, menyertai bangsa Israel.

Tetapi janji Allah berlaku dulu, sekarang sampai selama-Nya. Setelah kehadiran Kristus di dunia, umat pilihan Allah bukan lagi bangsa Israel, karena mereka telah menolak Dia.

Tetapi kamulah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri, supaya kamu memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar dari Dia, yang telah memanggil kamu keluar dari kegelapan kepada terang-Nya yang ajaib: kamu, yang dahulu bukan umat Allah, tetapi yang sekarang telah menjadi umat-Nya, yang dahulu tidak dikasihani tetapi yang sekarang telah beroleh belas kasihan. (I Petrus 2:10)

Dengan demikian Yesaya 43:4 berlaku bagi kita juga, orang-orang pilihan Tuhan pada masa kini yang telah ditebus melalui pengorbanan Kristus di kayu salib.

Kita berharga di mata-Nya, namun bukan karena kita baik, bagus, indah, atau hebat, tetapi semata-mata karena Ia mengasihi kita.