Hai.. Aku mau nanya kemaren aku baru ikt salah KKR dan disana ada kayak penyembuhan dan pelepasan dan lain2 trs mereka ada acara untuk baptis langsung, saya udh sudah pernah di baptis sebelumnya dan udh mulai jauh dari tuhan , dan saat saya ikt itu saya merasa saya butuh baptis ulang, karna saya merasa sudah terlalu jauh dari tuhan dan sudah terlalu banyak berbuat dosa , juga pass baptis pertama saya gak ada ikt pembelajaran alkitab dan langsung sudah gak kegeraja. Apakah saya sudah mempermainkan tuhan? Makasih

Jesica

 

JAWAB:

[DSB]:

Dear Jesica,

Baptisan adalah sakramen yang ditetapkan oleh Kristus. Tujuannya adalah sebagai tanda dan materai perjanjian anugerah, pencangkokannya ke dalam Kristus, kelahiran kembali, pengampunan dosa dan penyerahan diri kepada Allah, melalui Yesus untuk menempuh hidup yang baru. Baptisan hanya perlu dilakukan 1 kali saja. Saat seseorang merasa jauh dari Tuhan, yang diperlukannya adalah – tergantung dari penyebab rasa jauh itu – pertobatan dan mendekat kembali kepada-Nya. Memang masalah pada gereja kalangan tertentu tidak memberikan pendidikan dasar Kekristenan terlebih dahulu sebelum baptisan, sehingga banyak orang Kristen yang tidak mengerti makna sebenarnya yang terkandung dari baptisan itu sendiri. Benar bahwa pengetahuan mengenai baptisan bukanlah suatu syarat yang mutlak untuk dapat dibaptis, namun demikian bukan berarti pemahaman mengenai baptisan itu tidak perlu. Kita mempelajari Firman Allah mengenai baptisan dengan tujuan kita dapat mengerti lebih baik akan kehendak Tuhan, dan dengan demikian dijauhi dari kesalahan dalam melaksanakan sakramen yang dapat menghina Tuhan.
Dalam hal ini di mana Sdri belum mengetahui makna Baptisan, maka Sdri dapat meminta ampun pada Tuhan dan setelah mengetahuinya dapat memegangnya dan tidak melakukan kesalahan kembali.
Kalau kami boleh memberi saran, sebaiknya Sdri dapat mencari gereja yang memberitakan Firman Tuhan dengan benar dan setia, bukan sekedar menawarkan mujizat dan kesaksian yang kebenarannya sendiri diragukan. Ingatlah bahwa orang-orang yang mengalami mujizat oleh Yesus secara langsung pun, tetap menyalibkan Yesus pada masa Kristus masih di dunia. Gereja yang sejati tidak akan mengumbar mujizat tanpa mengajarkan kebenaran Firman Tuhan yang kokoh. Beribadahlah pada gereja yang sehat, dan teruslah mempelajari Firman Tuhan dengan tekun dan setia. Dengan demikian kerohanian Sdri dapat tumbuh dengan subur, bukan tumbuh secara emosional sesaat saja.
Tuhan memberkati Jesica.