gogmagog

Ilustrasi: youtube.com

Shalom admin asksophia, ketika membaca Alkitab saya tidak terlalu ingin mengetahui tentang gog dan magog. Ketika saya berdiskusi dengan teman saya (berbeda agama) mengenai gog dan magog, saya begitu penasaran mengenai pembicaraan kami. Lalu, saya menelusuri artikel untuk mendapat pengertian lebih mendalam melalui mesin pencari dan saya masih merasa kurang mendapatkannya. Dapatkan admin asksophia membahas gog dan magog dan dalam akhir jaman?

Terimakasih admin asksophia. Tuhan Yesus memberkati.

Lin

 

JAWAB:

[CKM]:

Kitab Wahyu amat simbolis dan figuratif sehingga tidak dapat dianggap sebagai kronologis yang pasti. Kitab ini juga tidak dapat ditafsirkan langsung secara harfiah, seluruh dua puluh dua pasalnya juga bukanlah kejadian yang berlangsung secara berurutan. Berkali-kali rasul Yohanes mengulangi dan memberi kita sudut pandang lain mengenai masa waktu yang sama (misalnya Wahyu 6:12-16, 16:15-19, 14:17-20). Maka apapun arti sepuluh ayat pertama dari Wahyu 20, bukan berarti semuanya terjadi di masa depan. Justru Yohanes melihat periode sejarah yang panjang dari sudut pandang lain, mengenai kerajaan Gog dan Magog. Dan karena ini merupakan penglihatan, dan malaikat, rantai, dan ikatan semuanya figuratif, kita dapat mengasumsikan bahwa seribu tahun tersebut juga figuratif. Betapa sering angka-angka dalam kitab penglihatan ini juga diartikan sebagai simbol!

Interpretasi pertama adalah bukan sebagai simbol namun sudah terjadi. Ungkapan Gog dan Magog dipinjam dari Kitab Yehezkiel 38:2 dimana istilah ini merujuk pada kekuatan kaum Seleukid khususnya seperti yang dinyatakan pada jaman Antiokhus Epiphanes, musuh besar Yahudi. Karena itu penindasarn terhadap umat Allah oleh Gog dan Magog merujuk dalam Yehezkiel, kepada penganiayaan yang mengerikan di bawah Antiokhus Epiphanes.

Kedua, Gog dan Magog diidentifikasi dengan “bangsa2 pada keempat penjuru bumi”, ini tidak berarti dari bangsa2 yang paling jauh. Maksud ungkapan ini adalah seluruh dunia.Seluruh dunia yang jahat akan menganiaya Gereja (G besar artinya gereja universal). Karena itu tidak beralasan jika Gog Magog merujuk pada serangan akhir yang dilancarkan oleh misalnya Cina, Kepang dll terhadap Eropa Barat dan AS.

Ketiga. Kekalahan Gog dan Magog (tentara Antiokhus Epiphanes raja Siria) adalah hal yang tidak terduga. Ini jelad adalah pekerjaan Allah. Peristiwa ini juga menyimbolkan pertempuran akhir orang-orang kafir melawan Gereja  (G besar artinya gereja universal).