holy communion
Ilustrasi: http://www.catholic.com

Apakah umat Kristen Katolik boleh mengikuti perjamuan kudus Kristen Protestan (dalam hal ini denominasi Karismatik). Apakah ada hukumnya?

Louis

JAWAB:
[CKM]:
Pertama, yang dimaksud hukum adalah perintah/aturan dalam Alkitab bukan? Jika ya, maka….
Kedua, yang perlu diperhatikan adalah syarat seseorang boleh menerima sakramen Perjamuan Kudus (PK) adalah sudah menerima sakramen Baptis. Namun…..
Ketiga, ada gereja karismatik yang tidak mengakui baptisan dari gereja katolik (terlepas dari metode apakah di selam, percik atau tuang). Karena itu mungkin di gereja karismatik A, Anda diperbolehkan mengikuti sakramen PK namun mungkin di gereja karismatik B, tidak. Tapi biasanya gereja tidak akan menanyakan Anda dari mana, gereja hanya akan bilang misalnya begini,”Sakramen PK hanya boleh diikuti oleh Anda yang sudah dibaptis.” Hanya begitu. Nah persoalannya…..
Keempat, gereja Katolik memegangp konsep Transubstansiasi dalam PK sedangkan gereja karismatik umumnya memegang konsep Memorial (Zwinglian). Baik umat Protestan dan Karismatik tidak diijinkan menerima PK di gereja Katolik salah satunya adalah karena konsep PK yg berbeda.