persembahan

Hai ask sophia, kenapa beberapa gereja menggunakan sistem di amplop persembahan disediakan kolom tulis nama dan centang nominal persembahan, fungsinya apa? Kan takutnya kita jadi sombong kalau persembahan dengan nominal yg besar, dan jadi minder kalau nominal kecil. Makasih GBU

MS

JAWAB:

[Tim Asksophia]:

Dear MS,

Sebuah gereja yang meminta amplop persembahan ditulis nama, kemungkinan pertimbangannya adalah sebagai pertanggungjawaban gereja terhadap persembahan yang sudah diberikan. Karena  itu, gereja yang memang alasannya seperti ini biasanya akan menerbitkan laporan persembahan secara berkala, yang dapat dibaca oleh orang yang memberikan persembahan tersebut.
Namun format untuk persembahan adalah keputusan yang dibuat oleh pengurus gereja, dengan demikian, tidaklah mungkin bagi kami untuk mengkomentari sesuatu hal yang kami tidak ketahui. Pengurus gereja biasanya memiliki pertimbangan sendiri dalam mengambil keputusan.
Selain itu, karena sebenarnya hal ini tidaklah memiliki kaitan langsung dengan masalah iman kita, melainkan lebih berkaitan dengan administrasi gereja, sepertinya hal tersebut tidaklah perlu dipermasalahkan.
Lagipula penulisan nama seperti ini biasanya optional dan kalau memang gereja tersebut dapat mempertanggungjawabkan persembahan yang telah diterima, kalau tidak ditulis nama, di laporannya akan tertulis dengan nama ‘NN’.
Mengenai kesombongan, kesombongan tidaklah muncul dari menulis nama da jumlah persembahan kita. Kesombongan muncul dari hati manusia berdosa. Solusinya bukanlah dengan tidak mencatat nama dan jumlah persembahan kita, melainkan dengan datang kepada Kristus sebagai Juruselamat dan kepada Roh Kudus yang sanggup mengubahkan kita.
Tuhan memberkati.