JNAAU88O7N

Saya ingin bertanya. Namun sblmx saya jelaskann secara singkat sj. Saya menjalani hubungan yang serius dengan tunangan saya tapi blm bs mnikah karna kami beda gereja. Tunangan saya protestan sedangkan saya kharismatik. Masing2 keluarga kami sangat fanatik. Kami brdua pun mempertahankan doktrin gereja masing”. Saya seorang pemimpin di gereja saya dan saya harus dinikahkan oleh gembala saya. Tp sebaliknya tunangan saya juga ini dinikahkann di gerejanya. Pertanyaan saya, apakah ada solusi/jalan keluar untuk dapat mempersatukan pasangan yang beda gereja dan tetap mempertahankan doktrin gerejanya masing” ? Trims

YH

JAWAB:

[DSB]:

Dear yh,

Memang tidak mudah menyatukan 2 paham yang berbeda walaupun sesama percaya Kristus, namun seringkali paham-paham prinsipil berbeda. Ini merupakan salah satu potensi konflik dalam kehidupan berkeluarga Anda berdua kelak. Menurut hemat kami, yang terbaik adalah dari Anda berdua dengan pasangan perlu bersepakat dulu doktrin yang akan dipegang.
Pernikahan bukan sekedar hidup bersama dengan tidak saling menggangu. Adanya perbedaan yang prinsipil dalam pernikahan akan menghasilkan kompromi-kompromi atau masalah-masalah yang tidak menemukan titik temu akibat perbedaan pandangan.
Perbedaan doktrin apabila cukup mendasar, juga berdampak pada pemilihan keputusan Anda berdua kelak. Juga berdampak pada bagaimana Anda berdua mendidik Anak Anda di kemudian hari.
Maka sebelum bisa memutuskan mau menikah di gereja mana, Anda berdua harus kompak dulu.
Bagusnya mungkin inilah saatnya kalian berdua mencermati dengan seksama ajaran doktrin masing-masing. Ikutlah kelas-kelas pembinaan, pemahaman Alkitab, sehingga baik YH maupun calon Anda boleh berdiskusi dan mencapai suatu konklusi bersama.
Kalau Anda berdua sudah kompak, saya yakin gereja pun tidak dapat menghalangi Anda berdua untuk menikah di mana. Tinggal mengkomunikasikannya secara bijaksana pada kedua belah pihak keluarga.
GBU.