Bible Study and Prayer
Gambar diambil dari http://www.lebib.de

Syalom.. saya mau bertanya saya pernah pacaran dengan pria beragama katolik. Kami menjalin hub. slma 1 tahun kmdian kami putus krna beda agama. Saya kdang2 msih brkmuniksi dgn dy. Bisa diblg kami msih brteman. Bagaimana jika saya ingin dy menjadi seorang kristen?? Bukan krna saya tetapi karena Tuhan Yesus sendiri. Saya ingin dy diselamatkan. Dan jujur saya msih brhrap bisa pacaran dgn dy lagi. Upaya apa yg bisa saya lakukan untuk membantu dia menjadi seorang kristen??

Kiki (bukan nama sebenarnya)

 

JAWAB:

[DSB]:

Dear Kiki,

Pergumulan Anda serupa dengan banyak orang Kristen yang sudah terlanjut pernah berpacaran dengan orang yang tidak percaya. Saya menggunakan istilah “tidak percaya” daripada tidak seiman, karena pada prinsipnya seorang yang mengaku iman Kristen pun masih banyak yang belum percaya sungguh-sungguh.

Dalam hal ini memang sangat beresiko untuk melanjutkan hubungan kekasih dengan mantan Kiki yang belum percaya tersebut. Boleh saja Kiki berharap agar ia menjadi percaya. Namun dengan masih adanya perasaan sayang dalam diri Kiki, apakah Kiki mampu bersikap tegas apabila ia ternyata tetap bersikukuh tidak mau memiliki iman Kristen yang sejati?

Keinginan untuk menolong seseorang untuk percaya Kristus adalah hal yang sangat mulia dan merupakan isi hati dari Kristus sendiri. Tentunya itu adalah hal yang positif. Kiki bisa menggunakan berbagai metode untuk menyampaikan Injil seperti EE, ilustrasi jembatan, buku tanpa kata, atau yang lainnya (tentunya terlalu panjang untuk dibahas di sini, silakan digoogling sendiri), namun kita sebenarnya hanya bisa menjadi saluran tangan Allah dalam menyampaikan Injil, TUHAN lah sendiri yang menentukan siapa yang akan percaya ke pada-Nya dan kapan waktunya. Adalah penting untuk memahami hal ini agar kita tidak punya sikap seperti seorang marketing yang membabi buta.

Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan berdiskusi, hal apa saja yang menjadi halangan bagi dia untuk boleh percaya. Memang tidak dapat dipungkiri biasanya berujung pada debat, namun kalau perdebatannya mengarah kepada pembelajaran dan pembahasan yang mendalam mengenai Kristus, dan dengan kepala dingin, seringkali baik untuk membantu Anda berdua berpikir.

Terakhir yang paling penting dari semuanya itu, KESAKSIAN PRIBADI. Kristus sudah mengasihi kita dengan memberikan nyawa-Nya. Ia ingin kita mengikuti teladan-Nya dan menjadi saluran berkat-Nya di dunia ini. Seseorang yang begitu keras pun bisa berubah karena kasih. Kalau kita bisa menjadi agen-agen kasih Allah di muka bumi ini, tentu sulit rasanya bagi orang lain untuk paling tidak mengakui keberadaan Kristus di dunia.

Tuhan memberkati