boldteens-012
Ilustrasi: boldym.com

Dear askingsophia,

Boleh bertanya,,,,saya punya teman sama2 pelayanan di gereja lokal yg tidak seberapa besar tempat kami bertumbuh. Tapi belakangan ini dia lebih memberatkan komsel di gereja lain yg terkadang mengorbankan jadwal pelayanannya di gereja kami. gereja kami bukanlah gereja besar dan mewah,jd mungkin memang untuk orang2 yg mencari suasana exklusif,tidak akan mendapatkannya di gereja kami. saya mau ngomong dengan teman saya ini,tapi saya tidak tahu harus bicara bagaimana. saya pun rindu kalau kaum muda gereja kami bisa bertumbuh dan mengembangkan gereja kami ini. karena saat ini kaum muda kami semakin sedikit,mencari gereja yg lebih besar dengan peralatan yg lebuh lengkapl.
mohon bantuannya.
Terima kasih.Tuhan memberkati.
Leonardo

JAWAB:

[DSB]:

Dear Leonardo,

Apa yang sdr sampaikan memang menjadi pergumulan di banyak gereja saat ini, khususnya gereja-gereja tradisional dan gereja-gereja kecil. Gereja-gereja yang besar mempunyai dana yang memadai sehingga mampu memiliki musik dan sound system yang mumpuni. Jumlah jemaatnya pun lebih banyak sehingga bagi kaum muda yang mencari teman, gereja seperti ini lebih ‘rame’ dikunjungi daripada ke gereja-gereja kecil.
Namun sebenarnya banyak yang dapat menjadi alasan mengapa anak muda pindah ke gereja lain. Misalnya:
1. Mencari peer group (lingkungan pertemanan) yang cocok dengan dirinya
2. Mencari suasana yang menyenangkan/cocok dengan dirinya (misalnya musik yang pas)
3. Merasa tidak bertumbuh
4. Bosen dengan kotbahnya
5. Ada masalah pribadi
6. Dan yang lainnya
Tidak selalu alasan kepindahan seseorang itu melulu karena masalah “lebih rame” atau “lebih bagus” di gereja lain. Mengenai teman Leo tersebut, mungkin di gereja lain itu dia lebih bertumbuh, bukankah itu suatu hal yang baik?
Daripada Leonardo berusaha mencari sebab dan membujuk teman Anda tersebut, bagaimana kalau Leonardo, sebagai aktivis yang terbeban agar kaum muda di gereja Leo bertumbuh, bersama-sama aktivis dan hamba Tuhan berdoa dan mengevaluasi pelayanan di tempat Sdr. Kemudian cobalah untuk fokus kepada pertumbuhan orang-orang yang Tuhan percayakan kepada Leo.
Jemaat dalam sebuah gereja, tidak bertumbuh karena musiknya yang keren, peralatannya yang wah, atau jumlah jemaat yang banyak, tetapi bergantung kepada seberapa banyak Firman Tuhan diajarkan dengan sehat dan digumulkan dalam kehidupan sehari-hari jemaatnya.
Itulah sebabnya di banyak gereja yang bertumbuh, para pemimpin gereja menekankan selalu pentingnya Firman Tuhan dalam pergumulan mereka sehari-hari. Dan dalam melakukan hal tersebut, kendaraan yang terefektif adalah melalui pemuridan dalam kelompok kecil. Fokuslah dalam melakukan pemuridan tersebut, sekalipun jumlah jemaat kecil, tetapi dampaknya bisa besar terhadap lingkungan sekitar Anda.
Semoga cukup membantu