Shalom kak, saya Mita mau nanya..

Aku sebelumnya ada dalam sebuah gereja yang besar dan sudah hampir 1 tahun mengikuti komsel di sana. Memang aku merasa bertumbuh secara iman, tapi aku merasa di sini tidak merasa menjadi keluarga, karena teman-teman di sini berkelompok-kelompok.

Akhirnya aku memutuskan untuk pindah gereja. Ada 1 gereja A yang kecil cukup baik, tetapi tidak ada pemuridannya. Mungkin karena pemimpinnya juga nggak ada.

1 lagi gereja B adalah gereja yang lebih besar, dan ada komselnya. Tetapi karena gereja ini besar, aku jadi takut terulang kembali kejadian yang dulu itu. Jadi aku harus bagaimana ya kak?

Thanks ya kakak…

 

Mita (bukan nama sebenarnya)

 

JAWAB:

[DSB]:

Dear Mita,

Senang sekali mendengar kerinduan Mita untuk bertumbuh. Pada prinsipnya entah gereja besar maupun kecil, tergantung para pengurus dan Hamba Tuhannya apakah mampu mengelola aktivitas untuk menumbuhkan jemaat atau tidak, dan apakah ada sarana-sarana untuk kebersamaan jemaat.
Tentunya ke mana pun kita pindah, kita selalu menjadi “anak baru” yang belum kenal siapa-siapa. Butuh pengorbanan waktu dari Mita untuk mengikuti kegiatan-kegiatan dari gereja yang baru, untuk ikut terlibat dan kemudian dari sana bisa mulai mengenal dan dikenal jemaat lain.
Yang cukup penting di samping memikirkan komsel dan komunitas juga adalah apakah gereja A maupun B (mana pun yang akan jadi pilihan) memiliki dasar doktrin yang berdasarkan Firman Tuhan yang kokoh? Sebab di jaman now ini, gereja yang memiliki doktrin-doktrin yang baik, dan dapat dipertanggungjawabkan justru telah jadi minoritas, dan sebagian jemaat hanya mencari apa yang disebut dengan hedonistik rohani, yaitu hal-hal yang menyenangkan dari kotbah-kotbah, mujizat-mujizat maupun ibadah yang sudah menjadi show yang memukau dan menghibur jemaat.
Karena akan datang waktunya, orang tidak dapat lagi menerima ajaran sehat, tetapi mereka akan mengumpulkan guru-guru menurut kehendaknya untuk memuaskan keinginan telinganya. (2Tim 4:3)
Sebagaimana nabi-nabi palsu dahulu tampil di tengah-tengah umat Allah, demikian pula di antara kamu akan ada guru-guru palsu. Mereka akan memasukkan pengajaran-pengajaran sesat yang membinasakan, bahkan mereka akan menyangkal Penguasa yang telah menebus mereka dan dengan jalan demikian segera mendatangkan kebinasaan atas diri mereka. Banyak orang akan mengikuti cara hidup mereka yang dikuasai hawa nafsu, dan karena mereka Jalan Kebenaran akan dihujat. (2Pet 2:1-2)
Berdoalah dan minta Tuhan yang memberikan hikmat. Selamat menemukan komunitas baru yang membuat Mita bertumbuh.
sudah siap nikah

 

Advertisements