Ps saya mo tanya, wine (anggur -red) kan tidak boleh dikonsumsi mskipun untuk penghangat saja, bisa juga kan jahe. Pertanyaan saya, bagaimana tentang Yesus mengubah air menjadi anggur di pesta pernikahan? Terimakasih, Father love u, its true

Mega Samuel

 

JAWAB:

[MC]:

Dear Mega,

Alkitab TIDAK PERNAH melarang kita untuk minum anggur/minuman beralkohol, sebaliknya:

– Yesus mengubah air menjadi anggur (Yohanes 2:1-11)
– Yesus minum anggur (Yohanes 26:26-29). Perhatikan dicatat “Aku tidak akan minum LAGI hasil pokok anggur ini” Kata “lagi” menyatakan bahwa Yesus jelas pernah minum anggur.
– Dari ayat yg sama, Yesus memberikan anggur untuk diminum oleh para murid. Dan kita pun diperintahkan melakukan hal yg sama (minum anggur).
– Nasehat Paulus kepada Timotius (I Tim 5:23), di mana anggur dianggap justru baik.

Ada yang beragumen bahwa anggur di ayat-ayat tersebut adalah minuman yang tidak beralkohol, seperti jus anggur. Namun argumen tersebut sangatlah tidak berdasar di dalam konteks budaya zaman Yesus di mana minuman anggur beralkohol adalah satu minuman utama.

Maka kita lihat bersama bahwa larangan meminum anggur ataupun minuman beralkohol lain (misalnya bir), adalah sebuah larangan yang tidak memiliki dasar Alkitabiah.

Tetapi Alkitab dengan jelas mencatat bahwa KEMABUKAN adalah dosa (misal: Lukas 21:34, I Korintus 5:11, Galatia 5:21)

Jadi cukup jelas bahwa prinsip Alkitab adalah kita boleh meminum anggur, tetapi kita harus membatasi dan mengendalikan diri kita agar kita mabuk.

 

Buku The Great Marriage

Advertisements