Apakah benar kalo kita butuh doa khusus, sebaiknya kita minta gembala kita doakan (lebih deket dgn Tuhan, ato kasarnya lebih manjur doanya)?
Mega Samuel

 

JAWAB:

[DSB]:

Untuk menjawab pertanyaan ini, mari kita berpatokan pada Firman Tuhan saja. Dalam Yakobus 5:16  dikatakan
“Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh. Doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya.”
Dari sini cukup jelas bahwa yang disebutkan dalam ayat itu sebagai orang yang besar kuasanya adalah orang yang benar, bukan orang dengan jabatan tertentu. Dan ayat itu pun tidak menyebutkan derajat “kebenaran” orang akan mempengaruhi doa. Adapun orang yang benar dalam ayat tersebut menggunakan istilah dikaios yang artinya sejalan antara perkataan dan tindakan, orang yang patuh terhadap perintah Tuhan.
Namun yang paling penting untuk dipahami dalam kekristenan adalah bahwa doa kita besar kuasanya disebabkan karena tangan Tuhan sendiri, karena saat Tuhan berketetapan untuk melakukan sesuatu, Ia akan menggerakkan anak-anak-Nya untuk berdoa. Jadi bukan kebalikannya di mana kita menginginkan sesuatu, berdoa dan Tuhan mengubah keputusannya.
Doa orang benar begitu besar kuasanya disebabkan karena kedekatannya pada Tuhan yang membuat dia bisa berdoa tepat seperti apa yang Tuhan ingin wujudkan. Kitalah yang berubah, bukan Tuhan.
GBU
Membantu remaja menemukan tujuan hidupnya
Baca juga: Membantu Remaja Menemukan Tujuan Hidupnya
Advertisements